Informasi Terpercaya Masa Kini

Arti Nama Anak Kaesang, Bebingah Sang Tansahayu & 5 Cucu Jokowi

0 4

Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tengah menyambut anak pertama mereka yang juga sekaligus cucu keenam Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nama anak perempuan Kaesang dan Erina ini adalah Bebingah Sang Tansahayu yang ternyata memiliki makna yang sangat baik.

Kaesang menjelaskan bahwa putrinya tersebut lahir dengan sehat dan selamat pada Selasa, 15 Oktober 2024, pukul 07.02 WIB Rumah Sakit Bunda, Menteng, Jakarta Pusat. Namun, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut masih enggan membocorkan wajah putrinya ke hadapan media.

Kaesang juga mengungkapkan bahwa putrinya lahir melalui proses caesar. Persalinan tersebut membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dan semuanya berjalan lancar.

Sementara itu, Presiden Jokowi dikabarkan sempat menjenguk Erina sebelum melahirkan. Beliau baru akan menjenguk cucunya lagi setelah menyelesaikan tugas kunjungan kerjanya di Aceh.

Baca juga:

  • Megawati Cerita Jan Ethes, Cucu Jokowi Bicara tentang Sukarno
  • 5 Nama Cucu Jokowi: Jan Ethes, La Lembah Manah hingga Panembahan

Arti Nama Anak Kaesang, Bebingah Sang Tansahayu

Nama cucu-cucu Presiden Jokowi dikenal memiliki keunikan tersendiri karena selalu bernuansa bahasa Jawa, tak terkecuali cucu keenamnya yang diberi nama Bebingah Sang Tansahayu.

Menurut Kaesang, nama tersebut dipilih sendiri oleh sang istri, Erina Gudono. Lantas, apa arti dari namanya?

Bebingah berasal dari kata bingah yang dalam bahasa Jawa berarti bahagia atau senang. Sementara Tansahayu berasal dari kata tansah yang artinya selalu atau senantiasa, dan ayu yang berarti cantik. Sang Tansahayu berarti dialah yang selalu berwajah cantik/ayu.

Kaesang pun sempat menjelaskan bahwa arti nama anaknya adalah sosok yang selalu membuat bahagia dan memiliki paras yang selalu cantik serta tutur kata yang lembut.

Baca juga: Siapa Saja Cucu Presiden Jokowi dan Nama Lengkapnya

Daftar Nama Cucu Jokowi

Presiden Jokowi diketahui memiliki tiga orang anak yang semuanya sudah menikah dan dikaruniai buah hati. Berikut daftar cucu-cucu Jokowi dengan arti namanya:

Anak Gibran Rakabuming Raka

1. Jan Ethes Srinarendra

Cucu pertama Jokowi adalah Jan Ethes Srinarendra, anak pertama Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda yang lahir pada 10 Maret 2016 lalu.

Nama Jan Ethes pun memiliki makna yang mendalam. Dalam bahasa Jawa, Jan berarti sangat, Ethes memiliki arti cekatan, sedangkan Srinarendra bermakna pemimpin yang cerdas. Nama ini pun diharapkan agar sang anak menjadi pemimpin yang sangat cerdas dan cekatan.

2. La Lembah Manah Anak kedua Gibran dan Selvi lahir pada 15 November 2019 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta. Gibran sempat menjelaskan bahwa nama Lembah Manah memiliki arti rendah hati.

Sementara kata La merupakan singkatan dari luwes anakku dan lomo anakku. Dalam bahasa Jawa, luwes dan lomo memiliki arti sifat yang fleksibel atau mudah beradaptasi sekaligus gemar berbagi.

Anak Kahiyang Ayu

1. Sedah Mirah Nasution Pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melahirkan anak pertamanya pada 1 Agustus 2018 di Jakarta. Berjenis kelamin perempuan, cucu Jokowi ini juga memiliki arti nama yang menawan.

Nama Sedah Mirah dipilih karena menggambarkan harapan dari orang tuanya agar sang putri menjadi anak yang menawan, dermawan, dan salihah. Sementara nama Nasution diambil dari nama sang ayah.

2. Panembahan Al Nahyan Nasution Cucu Jokowi berikutnya adalah Panembahan Al Nahyan Nasution yang lahir pada 3 Agustus 2020 lalu. Anak kedua Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution ini menggunakan nama Panembahan yang bisa berarti raja atau orang yang dijunjung.

Sementara nama Al Nahyan memiliki makna seseorang yang bijaksana. Dengan demikian, nama Panembahan Al Nahyan memiliki arti sebagai seorang raja/pemimpin yang memiliki sifat bijaksana.

3. Panembahan Al Saud Nasution Cucu kelima Presiden Jokowi lahir pada 25 Agustus 2022 di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. Sama seperti sang kakak, anak ketiga Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution ini juga menggunakan nama Panembahan yang merujuk pada raja atau pemimpin.

Sementara itu, Saud adalah nama salah satu raja di Arab Saudi. Nama Saud sendiri juga memiliki arti yang positif, yaitu kebahagiaan dan keberuntungan.

Anak Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep yang juga merupakan putra bungsu Presiden Jokowi baru menyambut buah hatinya yang lahir pada 15 Oktober 2024 di Rumah Sakit Bunda, Menteng, Jakarta Pusat.

Putri pertamanya ini diberi nama Bebingah Sang Tansahayu. Arti dari nama ini adalah sosok yang membuat bahagia dan memiliki paras cantik dan bertutur kata lembut.

Baca juga:

  • Anak Pertama Kaesang Lahir, Diberi Nama Bebingah Sang Tansahayu
  • ICW Bikin Kaus Korban Mulyono untuk Lawan Narasi Rompi Kaesang
Leave a comment