Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Tanaman Hias Daun Berwarna-warni untuk Mencerahkan Ruangan

0 3

KOMPAS.com – Beberapa jenis tanaman hias daun memiliki warna yang bervariasi, tidak hanya hijau. Ini adalah pilihan yang tepat, jika kamu ingin memberi sentuhan warna yang menyegarkan pada ruangan.

Selain mempertimbangkan warna, jangan lupa pilih tanaman hias daun yang syarat pertumbuhannya sesuai dengan kondisi lingkungan rumah.

Mengutip The Spruce, Sabtu (14/9/2024), berikut adalah beberapa tanaman hias daun berwarna-warni untuk mencerahkan ruangan.

Baca juga: 14 Tanaman Hias Daun yang Menyerap Kelembapan di Kamar Mandi

Coleus Coleus adalah anggota famili mint yang tumbuh cepat dan berwarna cerah. Tanaman hias ini umuknya ditanam di luar ruangan, namun bisa juga tumbuh subur di dalam ruangan dengan cahaya yang cukup.

Coleus memiliki daun yang berwarna-warni, mulai dari ungu, merah muda, merah, kuning, dan hijau muda. Dengan banyaknya kombinasi warna daun coleus, kamu dapat memilih varietas yang sempurna untuk skema warna ruanganmu.

Namun, perlu diketahui bahwa coleus adalah tanaman yang beracun untuk hewan. Jadi, sebaiknya tempatkan coleus di area yang sulit dijangkau hewan peliharaan.

Baca juga: 6 Pilihan Tanaman Hias Daun yang Banyak Diminati

Aglaonema

Aglaonema atau Chinese evergreen adalah tanaman tropis yang dikenal karena keindahan bercak-bercak beraneka warna pada daunnya yang lebar dan runcing.

Pilihlah aglaonema varietas merah muda dan merah untuk kontras dengan warna gelap atau pilih varietas hijau muda dan hijau tua untuk memberikan kesan tampilan yang lebih besar.

Aglaonema merupakan tanaman hias yang perawatannya tidak rumit. Namun, tanaman ini lebih menyukai cahaya terang yang tidak langsung untuk tumbuh dengan baik.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Daun Warna-warni yang Cocok di Kamar Tidur

Begonia rex

Begonia rex bisa sedikit rewel dalam hal pengaturan suhu dan tingkat kelembapan, namun daunnya yang cantik dengan spiral, bercak, dan bintik-bintik berwarna membuatnya sepadan dengan perawatannya.

Warna daun begonia rex cukup bervariasi, seperti hijau, merah, perak, dan ungu. Agar daunnya semakin lebat, jangan lupa untuk rutin memetik bunga begonia yang tumbuh.

Sama seperti coleus, begonia rex bisa beracun untuk hewan peliharaan. Tempatkan tanaman ini di area yang aman, namun tetap terkena sinar matahari yang sedang hingga terang.

Baca juga: Cara Merawat Syngonium, Tanaman Hias Daun yang Cantik

Calathea

Calathea adalah tanaman hias daun dengan corak yang mencolok dan warna yang kontras. Beberapa varietas calathea memiliki bentuk dan pola daun yang bervariasi, sehingga kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan ruanganmu.

Untuk menanam calathea di dalam ruangan, berikan tanaman ini banyak cahaya tidak langsung yang terang. Selain itu, jaga kehangatan dan kelembapan lingkungan rumah agar tidak menjadi kering.

Sirih gading neon

Sirih gading neon juga termasuk tanaman hias daun berwarna-warni yang dapat mencerahkan ruangan. Dengan daunnya yang berwarna hijau terang, tanaman ini tampak mencolok di antara dedaunan lain.

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Hias Daun Merah yang Eksotis

Kamu bisa juga menempatkan sirih gading neon di ruangan untuk menyeimbangkan warna-warna cerah dari dinding maupun furnitur.

Dalam kondisi yang tepat, sirih gading neon dapat mencapai panjang lebih dari tiga meter. Oleh karena itu, tanaman ini paling cocok untuk ditanam di keranjang gantung.

Fittonia

Nerve plant atau fittonia merupakan tanaman hias yang daunnya berwarna hijau, putih, merah muda, dan merah. Tanaman ini juga memiliki garis-garis putih atau merah yang menambahkan tekstur menarik pada dedaunannya.

Selama kamu memberinya banyak cahaya terang yang tidak langsung dan kelembapan yang tinggi, tanaman hias fittonia relatif mudah dirawat.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Bisa Hidup Berminggu-minggu Tanpa Air dan Cahaya

Philodendron pink princess

Philodendron pink princess merupakan tanaman hias yang cukup sulit dicari. Tanaman ini menampilkan semburat warna merah jambu dan merah anggur yang sangat cantik pada daunnya.

Pastikan kamu merawat philodendron pink princess dengan benar guna menjaga warna daunnya tetap cerah. Salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah kebutuhannya akan cahaya tidak langsung yang terang.

Seperti semua philodendron, kultivar ini beracun bagi hewan peliharaan dan manusia. Jadi, hati-hati saat merawatanya di dalam ruangan.

Leave a comment