Informasi Terpercaya Masa Kini

Pengaruh Besar Tommy Motolla di Industri Musik Amerika dan Kekayaannya

0 2

Tommy Mottola dikenal sebagai produser musik, eksekutif label rekaman, dan pengusaha sukses. Selama berkarier di industri musik, Tommy dianggap memiliki peran penting dalam perkembangan artis-artis terkenal seperti Mariah Carey (mantan istrinya), Celine Dion, Destiny’s Child, Shakira, Ricky Martin hingga Jennifer Lopez.

Sampai saat ini, kekayaan Tommy diperkirakan mencapai US$540 juta lho, Bela. Lantas, seperti apa sosok Tommy Mottola dan apa saja kekayaannya? Simak artikel ini, yuk!

1. Awal perjalanan karier Tommy Mottola

Thomas Daniel Mottola lahir pada 14 Juli 1949 di Bronx, New York. Ia memulai kariernya di industri musik sebagai musisi sebelum akhirnya beralih menjadi eksekutif di perusahaan rekaman. Nama Mottola mulai dikenal ketika ia bekerja di Sony Music Entertainment.

Berkat perannya sebagai pemimpin dan CEO dari tahun 1988-2003, Mottola membawa perubahan besar dalam industri musik dan menjadikannya salah satu eksekutif rekaman paling berpengaruh di Amerika Serikat. 

2. Sukses mendirikan Mottola Media Group

Setelah meninggalkan Sony  pada tahun 2003, Mottola tidak berhenti berkarya. Ia mendirikan Mottola Media Group, perusahaan yang bergerak di berbagai bidang hiburan, termasuk produksi musik, televisi, theater, hingga fashion.

Tommy juga berkolaborasi dengan artis-artis populer serta terlibat dalam proyek-proyek hiburan besar lainnya. Kemampuannya dalam bisnis dan kreativitas Tommy, menjadikannya sebagai salah satu figur paling berpengaruh di industri musik dan hiburan global.

3. Kekayaan Tommy Mottola

Pendapatan Mottola datang dari berbagai sumber, termasuk royalti dari musik yang ia bantu produksi, kesepakatan bisnis dengan artis, serta investasi dalam proyek-proyek film dan televisi. 

Sebagai salah satu eksekutif musik terkemuka, kekayaan yang ia miliki sudah tak diragukan lagi. mElansir dari Crix11, kekayaan bersihnya diperkirakan hingga US$540 juta atau sekitar Rp8,3 triliun. Pada tahun 2010, Tommy dan istrinya Thalia, membeli real estate seluas 6 hektar di Greenwich, Inggris seharga US$2,85 juta.

Selain itu, mereka memiliki mansion yang telah dibangun selama tiga tahun, kemudian dijual pada tahun 2019 seharga US$14,875 juta.

4. Raih kekayaan sebesar Rp8,3 triliun

Pengaruh Tommy di industri musik tidak dapat disangkal, bahwa kemampuannya dalam mengembangkan karier para artis ternama. Salah satunya adalah melakukan perubahan dalam tren musik pop Amerika ke tingkat global.

Di tahun 2013, ia merilis memoar berjudul Hitmaker yang menceritakan pengalaman dirinya selama sepuluh tahun berkarier dalam bisnis musik.

Di sisi lain, Mottola Media Group miliknya pun menandatangi kesepakatan multi-year deal with eOne pada tahun 2018. Dalam kesepakatan ini, perusahaan milik Tommy akan bergerak dalam mengembangkan proyek televisi dan memastikan pengaruhnya dalam dunia hiburan tetap kuat.

Berawal kesuksesannya di Sony Music Entertainment hingga mendirikan Mottola Media Group, Tommy membuktikan bahwa dirinya sebagai salah satu sosok yang inovatif di industri hiburan. Saat ini, kekayaan bersih yang dimiliki oleh Tommy Mottola mencapai US$540 juta atau setara dengan Rp8,3 triliun.

Saat ini Tommy Motolla tengah viral karena dikaitkan dengan kasus kriminal yang sedang menimpa Sean “Diddy” Combs. Lewat cuitannya di Twitter pada tahun 2020, rapper Kanye West sempat mengklaim bahwa Tommy Motolla terlibat dalam kematian Michael Jackson.

Bahkan ketika hidup, Michael Jackson pernah mengatakan bahwa industri rekaman memperlakukan artis kulit hitam dengan sangat buruk, serta menyebut Mottola adalah sosok yang rasis. “Perusahaan rekaman benar-benar bersekongkol melawan artis mereka. Mereka mencuri, menipu, melakukan apa pun yang mereka bisa—terutama dari artis kulit hitam. Sony, Tommy Mottola, presiden divisi rekaman—dia jahat, dia rasis, dan dia sangat sangat sangat jahat,” kata Michael saat itu.

Apakah kamu mengikuti kasus kontroversial Sean “Diddy” Combs, Bela?

Baca Juga: Fakta atau Hoaks: Sean “Diddy” Combs Punya Terowongan Rahasia?

Baca Juga: Daftar Artis yang Diduga Terlibat di Pesta Sean “Diddy” Combs

Baca Juga: 6 Fakta Kasus Kejahatan Seksual Sean ‘Diddy’ Combs, Seret Banyak Nama!

Leave a comment