Informasi Terpercaya Masa Kini

Kata Media Vietnam Saat Indonesia dan Thailand Lolos ke Piala Asia U20

0 2

KOMPAS.com – Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia U20 2025 di China usai bermain imbang 1-1 dengan Yaman di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada Minggu (29/9/2024).

Hasil tersebut sudah cukup membuat Indonesia keluar sebagai juara Grup F di babak Kualifikasi Piala Asia U20 2025.

Total ada 16 tim yang lolos ke Piala Asia U20 2025 di China. Namun, Asia Tenggara hanya mengirimkan dua wakil, yakni Indonesia dan Thailand. Hal itu karena Malaysia dan Vietnam tersingkir di babak kualifikasi.

Malaysia finis di tempat keempat di Grup E, Timor Leste di posisi ketiga Grup F, dan Vietnam harus tersingkir usai kalah 0-1 atas Suriah di pertandingan terakhir Grup A. 

Baca juga: Ketika Rumput Stadion Piala Dunia di Korsel Disorot karena Rusak Usai Digunakan Konser…

Baca juga: Usai Australia, Siapa Lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Selanjutnya?

Media Vietnam: gagal untuk pertama kalinya sejak 2008

Media Vietnam Soha Vn menyoroti kegagalan tim asuhan Hua Hien Vinh di Kualifikasi Piala Asia U20 2025 tersebut.

Media itu menyebut, Vietnam telah kehilangan tiket ke Piala Asia U20 2025 dengan skenario terburuk (gagal lolos jalur runner-up), sementara Indonesia dan Thailand melaju ke Piala Asia U20 2025 di China.

“Memenangkan tiga pertandingan berturut-turut, mencapai skor +11 dan juga memiliki keunggulan kandang, Vietnam U20 sangat dekat dengan tempat di Piala Asia U20 2025,” tulis Soha Vn, Senin (30/9/2024).

“Hasil ini sekaligus menandai untuk pertama kalinya sejak 2008, tim U20 Vietnam gagal lolos ke Piala Asia U20,” tambahnya.

Soha Vn menuliskan, Golden Star Warriors muda tidak menunjukkan gaya permainan menyerang yang jelas dan melewatkan banyak peluang gol di babak kualifikasi.

Hal itu membuat Vietnam kalah selisih gol dari Yordania dan Thailand. Adapun, ketika melawan Suriah, Vietnam sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang.

Namun, pertandingan Vietnam vs Suriah tak berjalan sesuai dengan harapan Hua Hien Vinh. Di babak kedua, Suriah berhasil membobol gawang Vietnam.

“Serangkaian kesalahan yang tidak menguntungkan membuat tim U20 Vietnam kehilangan poin pada menit ke-78. Yang pertama adalah dalam situasi pertahanan tidak ketat, sehingga ada celah untuk (Suriah) melepaskan tembakan dari jarak jauh,” tulisnya.

“Absennya di turnamen benua bukanlah bencana, tetapi peringatan yang kuat bagi sepak bola muda Vietnam. Tanpa pemain berkualitas, risiko tim Vietnam kehabisan napas di masa depan akan semakin besar,” tambahnya.

Baca juga: Topan Yagi Picu Kerusakan-Korban Tewas di China dan Vietnam, Bisakah Sampai ke Indonesia?

Vietnam berharap kemenangan Indonesia atas Yaman

Sebelumnya, peluang Vietnam lolos ke Piala Asia U23 2025 terbuka sebelum Indonesia seri melawan Yaman.

Andai Indonesia menang atas Yaman, Vietnam bisa lolos ke Piala Asia U20 2025 melalui jalur runner-up terbaik.

Namun, hasil imbang Indonesia vs Yaman tersebut membuat peluang Vietnam melaju ke Piala Asia U20 2025 semakin sulit. 

“Indonesia dan Thailand sama-sama tidak menang, menyebabkan Vietnam turun di klasemen (runner-up terbaik) dan terancam tidak lolos,” tulis Soha Vn, Minggu (29/9/2024).

“Dengan selisih enam poin dan selisih +5, tim berbaju merah terancam dikalahkan oleh banyak tim yang berada di urutan kedua. Qatar U20 di Grup J, Australia U20 di Grup D, dan Kirgistan U-20 di Grup I,” tambahnya.

Baca juga: Vietnam Naturalisasi Striker Asal Brasil, Langsung Ganti Nama Jadi Nguyen Xuan Son

Leave a comment