Informasi Terpercaya Masa Kini

Sah Putra Khofifah,Yusuf Mannagalli Nikahi Gadis Pujaan dengan Saksi Presiden Jokowi

0 2

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Presiden RI Joko Widodo menjadi saksi nikah putra ketiga Khofifah Indar Parawansa yaitu Yusuf Mannagalli dengan gadis pujaan hatinya bernama Jihan Qonitatillah, di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jumat (20/9/2024).

Jokowi tiba di venue acara sekitar pukul 13.20 WIB dengan didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo.

Tak hanya itu, sejumlah menteri negara juga tampak hadir. Seperti Menkopolhukam Hadi Tjahyanto, Menteri Perdagangan  Zulkifli Hasan, Menteri Sosial Saifullah Yusuf, dan juga sejumlah pejabat seperti Kapolri Listyo Sigit Prabowo. 

Presiden Joko Widodo menjadi saksi dari keluarga mempelai putra, sedangkan saksi dari mempelai putri adalah Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan, KH Idris Hamid. 

Prosesi akad nikah berlangsung dengan khidmat dan haru. Putra Khofifah, Yusuf, membaca ijab qabul dengan lancar dengan satu tarikan nafas. 

“Sah, alhamdulillah,” kata Jokowi yang menjadi saksi nikah.

Rois Aam PBNU KH Mifthachul Akhyar menjadi penyampai khotbah nikah memberikan sejumlah petuah untuk kedua mempelai.

 Ia menyampaikan, generasi muda yang sudah mampu diharapkan untuk segera membangun keluarga.

“Karena berkeluarga mampu menundukkan mata, dan memelihara kemaluan. Maka menikahkah bagi yang sudah mampu. Karena menikah adalah perintah Allah dan juga sunnatullah,” kata Kiai Miftah. 

Tidak hanya itu, Kiai Miftah juga berpesan agar keduanya saling menjaga akidah dalam berumah tangga. Karena akidah adalah pondasi dalam agama.

Ibarat rumah, apabila pondasinya kuat maka bangunannya akan kuat, namun jika pondasinya lemah maka bangunan akan runtuh. 

“Niatkan membangun rumah tangga untuk mencari sakinah mawaddah warohmah,” pesannya.

Sebagaimana diketahui, Yusuf Mannagalli, adalah putra Khofifah yang ketiga.

Yusuf diketahui adalah lulusan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang dan kini berprofesi sebagai dokter.

Sedangkan sang calon istri, Jihan, adalah putri kedua dari H Abdul Khaliq Lc dan Hj Atik Athiyah.

Ia diketahui juga seorang dokter lulusan Universitas Airlangga Surabaya. 

Di sisi lain, Khofifah pun menyampaikan satu pesan untuk sang putra yang segera akan melepas masa lajang.

Pada Yusuf, Khofifah mendoakan sang putra bisa membina rumah tangga yang maslahah,  sakinah mawaddah wa rohmah. 

“Pada anak saya, saya sempat sampaikan semingguan yang lalu. Bahwa pernikahan ini membutuhkan adaptasi-adaptasi dari dinamika kehidupan yang ada. Terlebih keduanya dokter, sangat mungkin akan memiliki kesibukan masing-masing. Sehingga perlu ada equilibrium dynamic, itu yang saya sampaikan dinamika itu harus dicari titik equilibriumnya dan harus mulai beradaptasi. Tidak hanya dengan istrinya saja tapi begitu juga dengan keluarga istrinya dan keluarga besar istrinya,” ujarnya. 

Tak hanya itu, Khofifah juga memberikan satu pesan khusus pada Yusuf. Khususnya untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan istri di masa depan. 

“Tapi secara khusus saya pesan kepada anak saya. Dulu mertua saya setelah selesai akad nikah mertua saya berpesan, kalau kamu marah pukulah istrimu dengan hidungmu,” tegasnya. 

“Itu artinya balaslah dengan kasih sayang. Itu menjadi bagian penting untuk saling bisa memberikan pengertian, saling memberikan kasih sayang,” pungkas Khofifah.

Leave a comment