Informasi Terpercaya Masa Kini

[KLARIFIKASI] Satire, Elon Musk Akan Beli ABC untuk Stop Penayangan “The View”

0 4

KOMPAS.com – Miliarder Elon Musk disebut akan membeli jaringan televisi Amerika Serikat, ABC, untuk menghentikan program talk show “The View”.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut tergolong satire.

Narasi yang beredar

Narasi Elon Musk akan membeli jaringan TV ABC dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini, pada September 2024.

Berikut narasi yang dibagikan:

Breaking: Elon Musk Akan Membeli ABC Untuk Menghentikan The View “Ini Acara TV Terburuk dalam Sejarah”

Penelusuran Kompas.com

Setelah ditelusuri, narasi Elon Musk akan membeli jaringan TV ABC bersumber dari sebuah unggahan di laman Facebook The Patriots Network.

Pada bagian “About”, The Patriots Network mencantumkan penafian (disclaimer) sebagai laman yang berisi konten satire dan parodi.

Laman tersebut mengunggah satire Elon Musk akan membeli jaringan TV ABC untuk menghentikan penayangan talk show “The View” pada 7 Juli 2024.

Sementara itu, beredarnya rumor penghentian penayangan “The View” kemungkinan terkait iklim politik AS yang memanas menjelang Pemilihan Presiden pada November 2024.

Dilansir The Direct, premis “The View” adalah menawarkan berbagai pandangan dan opini yang seringkali kontras. Rumor soal penghentian acara ini bukan kali pertama beredar.

Pada Maret 2024, “The View” diisukan akan dihentikan karena penurunan jumlah penonton. Namun, juru bicara ABC mengonfirmasi kepada Reuters bahwa isu tersebut tidak benar.

ABC menyebutkan, “The View” masih menjadi acara yang paling banyak ditonton dibandingkan talk show siang hari lainnya yang tayang di AS.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi Elon Musk akan membeli jaringan TV ABC untuk menghentikan talk show “The View” perlu diluruskan.

Narasi tersebut bersumber dari laman satire dan dimaksudkan sebagai candaan semata.

Beredarnya rumor penghentian penayangan “The View” kemungkinan terkait iklim politik AS yang memanas menjelang Pemilihan Presiden pada November 2024.

Leave a comment