Informasi Terpercaya Masa Kini

Review Lenovo Legion 5i (16IRX9): Lebih Kencang dengan GPU Full Power

0 5

Lenovo Legion 5i (16IRX9) merupakan salah satu varian dari seri gaming dari Lenovo yang diluncurkan di tahun 2024. Seri Legion 5 memang memiliki banyak varian yang dibedakan dari spesifikasi dan fiturnya. Dan SKU yang kami yang kami uji kali ini merupakan peningkatan dari Lenovo Legion 5 (16IRX9) sebelumnya. Beberapa peningkatan yang disertakan yaitu dari sisi prosesor dimana kali ini menggunakan prosesor Intel Core i7-14700HX.

Meski demikian, tampilannya masih sama dengan generasi sebelumnya yang mengedepannya desain minimalis namun tangguh. Bodinya didominasi warna abu-abu dan makin terkesan tangguh dan kokoh berkat frame dari metal alumunium alloy. Dimensi bodinya ringkas meski nyatanya punya bobot yang cukup berat layaknya laptop gaming kebanyakan. Bobotnya mencapai 2,36 kg dengan ketebalan 2,52 cm.

Engsel bagian layarnya dibuat kokoh sehingga layar bisa dibuka hanya dengan satu tangan saja. Posisinya pun bisa dibuka hingga 180 derajat. Sementara bagian cover-nya menggunakan lapisan alumunium alloy yang kuat. Ciri khas lain dari desain Legion adalah bodi sisi belakang yang menonjol dimana engsel layar ditempatkan agak ke depan.

Di bagian bodi belakang ini terdapat exhaust atau pembuangan udara panas berukuran besar. Lenovo memang hanya menyediakan satu lubang exhaust dan meniadakan exhaust lain yang biasanya juga diletakan di sisi kiri atau kanan. Lenovo mengambil langkah signifikan dengan menghilangkan ventilasi udara samping dan menerapkan dua saluran udara internal yang mengarahkan aliran udara ke area sistem inti.

Selain itu, di sisi ini juga terdapat pula port HDMI 2.1 serta port adaptor. Sedangkan sisi kiri terdapat dua USB 3.2 Gen 2 type-C, satu port USB 3.2 Gen 1 type-A, dan jack audio. Untuk sisi kanannya terdapat dua USB 3.2 Gen 1 type-A, micro SD card reader, ethernet, serta switch yang berguna untuk melindungi webcam saat sedang tidak digunakan.

Laptop ini memiliki layar dengan ukuran 16 inci. Panel yang digunakannya IPS serta resolusi WQHD atau 2560×1600 pixels. Sementara refresh rate-nya 165 Hz yang sudah menjadi standar laptop gaming kelas menengah. Refresh rate tinggi membuat tampilan game dengan pergerakan cepat makin nyaman, misalkan saja game berjenis FPS (first person shooter). Layarnya juga memiliki color gamut sRGB 100% yang artinya memiliki akurasi warna cukup baik. Desain layarnya memiliki tampilan kekinian karena ukuran bezel yang cukup tipis sehingga layar terasa lebih lega.

Pada bezel atas ditempatkan webcam 2 MP serta dua mikrofon di sisi atas. Untuk kebutuhan standar seperti meeting online, fasilitas pendukung tersebut sudah mumpuni untuk melakukan video conference atau sekedar chat. Namun untuk kebutuhan lebih tinggi seperti streaming, memang dibutuhakn webcam eksternal yang lebih baik.

Untuk alasan keamanan, Lenovo menyertakan e-shutter switch di sisi kanan dekat Kengsinton Lock yang berguna sebagai perlindungan dari hacker ketika akan mengambil alih webcam dengan mengaktifkannya secara remote. Sebagai laptop gaming, keyboardnya memiliki pencahayaan RGB 4-zona. Anda bisa mengatur pencahayaan tersebut secara manual melalui piranti lunak Lenovo Vantage atau melalui tombol shortcut dan menyimpannya hingga 4 profil.

Spesifikasi Tangguh

Legion 5 ini dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7-14700HX . Untuk informasi tambahan, seri ini juga tersedia dengan pilihan prosesor Intel Core i7-14650HX. Seri HX sendiri merupakan prosesor dengan performa kencang yang setara dengan prosesor kelas desktop dan nyaman untuk kebutuhan gaming. Urusan GPU ditandem dengan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4070 GDDR6 yang memiliki memori GDDR6 8 GB GDDR6. Daya yang dimilikinya pun besar yaitu punya TGP (Total Graphic Power) hingga 140 watt sehingga performanya makin kencang.

RAM-nya memiliki kapasitas 32 GB DDR5-5200MHz (dual-channel). Meski demikian, dua slot RAM-nya mendukung hingga kapasitas maksimal 32 GB. Di sektor penyimpanan, Lenovo sudah menyematkan SSD NVMe PCIe 4.0 generasi terkini dengan bandwith x4 berkapasitas 1 TB. Bagi yang ingin melakukan upgrade, masih tersedia satu slot kosong dengan dukungan jenis dan bandwith yang sama. Saat kami test SSD tersebut, performa baca dan tulisnya mencapai sekitar 6000-an dan 5000-an MB/s. Secara spesifikasi, Lenovo Legion 5 ini tentu sudah cukup menggiurkan di kelasnya.

Tidak ketinggalan disertakan pula aplikasi bawaan khas Lenovo yaitu Lenovo Vantage yang memiliki banyak pengaturan untuk mengoptimalkan fungsinya. Selain menampilkan informasi secara real-time, terdapat pula pengaturan profil untuk mengatur Thermal Mode guna menjaga performa agar tetap stabil dengan mengatifkan sistem pendingin secara maksimal saat beban kerja tinggi.

Selain itu terdapat pula pengaturan dari fungsi GPU atau chip grafis yang akan digunakan yang tidak hanya berpengaruh pada performa, tapi juga pada konsumsi daya. Bahkan terdapat pula pengaturan untuk melakukan overclock pada GPU. Selain memudahkan, proses overclock dari sini dirancang agar lebih aman. Jadi jika proses overclock gagal, maka sistem akan mengembalikannya ke pengaturan awal.

Teknologi Lenovo Legion ColdFront: Hyper

Guna meredam suhu saat kondisi beban kerja tinggi, Lenovo telah menyematkan teknologi pendingin dengan nama Lenovo Legion ColdFront: Hyper yang merupakan pembaruan dari seri sebelumnya. Legion Coldfront: Hyper mengalirkan udara panas menjauh dari komponen utama seperti prosesor dan kartu grafis, menggunakan saluran khusus di tengah laptop.

Udara panas ini kemudian dikeluarkan ke belakang laptop, terpisah dari udara dingin yang masuk. Sementara itu, udara dingin mengalir melalui seluruh sistem bagian dalam, termasuk motherboard, prosesor dan modul pendingin, sebelum akhirnya dikeluarkan dari bagian belakang sistem.

Dengan desain aliran udara yang dipisah, Legion Coldfront: Hyper meningkatkan efisiensi pendinginan laptop. Selain itu, udara panas yang dikeluarkan ke bagian belakang perangkat meningkatkan pengalaman gaming bagi pengguna, menghilangkan kenaikan suhu yang disebabkan oleh saluran pembuangan yang dipasang di samping. Menariknya, saat fan diatur dalam kondisi maksimal, suaranya tidak terlalu berisik sehingga memberikan kenyamanan lebih saat bermain.

Pendinginnya menggunakan dua kipas di sisi kiri dan kanan yang terhubung dengan plat hitam serta heatpipe yang tersambung ke kipas tersebut. Tidak hanya CPU dan GPU, Lenovo juga menyertakan pendingin pada RAM dan juga storage SSD-nya. Untuk memori, dua keping RAM-nya sudah terlindungi dengan lapisan peredam suhu. Begitu pula dengan SSD-nya.

Performa Tinggi dan Stabil

Performa kencang ditunjukkan dalam beberapa pengujian yang kami lakukan. Pengujian sintetis salah satunya menggunakan Cinebench R23 dengan skor multi-core dan single-core yang cukup tinggi (lihat tabel pengujian di halaman akhir). Tingginya skor ini juga terpantau berkat frekuensi clock yang berjalan di kisaran 3,2 GHz sampai 3,6 GHz dimana prosesor Intel Core i7-14700HX ini bisa tembus hingga 5,5 GHz.

Kestabilan juga ditunjukkan ketika kami melakukan benchmark berulang-ulang (looping) hingga 10x. Skor tertinggi mencapai 23.470 poin dan skor paling rendah mencapai 22.985 poin, penurunan yang tidak jauh berbeda. Sementara itu saat stress test, peningkatan suhu sempat mencapai 98 derajat celcius dengan rata-rata ada di 79 derajat celcius.

Untuk mengingatkan, pengujian ini kami lakukan hanya untuk membuktikan performa prosesor saat beban tinggi. Ini juga untuk melihat kemampuan thermalnya dalam mendinginkan prosesor saat beban kerja tinggi. Dan pengujian ini tidak mewakili penggunaan sehari-hari yang cenderung memiliki beban lebih rendah.

Sementara pengujian gaming, kami wakili dengan menjalankan Black Myth Wukong Benchmark dan Forza Horizon 5 Benchmark. Pada Wukong pengaturan di resolusi native dengan pilihan Very High serta mengaktifkan Ray Tracing di pilihan Medium. Hasilnya, benchmark mampu mendapatkan skor 60 fps. Pada game Forza Horizon 5, pengaturan kami atur ke rata kanan dan skornya mencapai 82 fps. Skor-skor ini menunjukkan bahwa Legion 5 ini mampu menjalankan game AAA terbaru dengan baik.

Selain untuk kebutuhan gaming, laptop ini juga bisa untuk kebutuhan yang lebih ringan. Untuk kebutuhan seperti mengetik, Anda bisa memanfaatkannya tanpa bantuan adaptor. Laptop ini sendiri dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas 80 Wh. Dan untuk kebutuhan yang ringan ini, baterai mampu menopang daya sampai 5 jam lebih. Pengujian baterai ini dilakukan menggunakan PCMark 10 dengan skenario Modern Office serta pengaturan di mode Balanced. Waktu yang cukup lama untuk sekelas laptop gaming.

Kesimpulan

Lenovo Legion 5 16IRX9 menawarkan performa tinggi khas ala seri Legion yang dibalut dengan tampilan sederhana namun tangguh. Kombinasi Intel Core generasi ke-14 dan NVIDIA RTX 4000 series tidak hanya membuat game-game AAA terasa ringan, namun juga sistem pendingin yang mumpuni membuat performanya stabil.  

Plus:

Performa kencang dan stabil, build quality kokoh, engsel bisa dibuka hingga 180 derajat, layar panel IPS resolusi WQHD refresh rate 165Hz, backlight keyboard RGB per-zona, fitur Lenovo Vantage beragam, konektivitas lengkap, suara fan tidak bising saat performa maksimal.

Minus:

Bodi berat.

Pengujian

3DMark Pro Edition 2.29.8282 – Time Spy 13.696 3DMark Pro Edition 2.29.8282 – Night Raid 63.321 3DMark Pro Edition 2.29.8282 – Fire Strike 28.421 PCMark 10 Pro Edition 2.2.2701 6.488 PCMark 10 Pro Edition 2.2.2701 – Essentials 11.408 PCMark 10 Pro Edition 2.2.2701 – Productivity 8.813 PCMark 10 Pro Edition 2.2.2701 – Digital Content Creation 7.306 SiSoft Sandra 2020 – Aggregate Arithmetic 467,5GOPS SiSoft Sandra 2020 – Aggregate Multimedia 1,37GPix/s SiSoft Sandra 2020 – Aggregate Memory 63,2GB/s Cinebench R23 – CPU (Multi-core 10 minutes) 22.153 pts Cinebench R23 – CPU (Multi-core looping 10x) average 23.294 pts Cinebench R23 – CPU (Single-core) 1.897 pts Aliens vs Predator Benchmark 1.03 (2.560 x 1.600 piksel) 182 fps Aliens vs Predator Benchmark 1.03 (1.920 x 1.080 piksel) 430 fps Black Myth Wukong Benchmark (native, very high, ray tracing medium) 65 fps PCMark 10 Pro Edition 2.0.2144 Battery – Modern Office** 5 jam 26 menit

**lebih lama lebih baik

Spesifikasi

Prosesor Intel® Core™ i7-14700HX Processor (20 cores, 8P-cores, 12E-cores, 28-threads, up to 5,5 GHz) RAM 32 GB DDR5-5600MHz (dual-channel) Chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 GDDR6 8GB (140 watt) Storage 1 TB SSD NVMe PCIe 4.0 x4 Fasilitas

Nirkabel: Wi-Fi 6, bluetooth 5.2

Belakang: HDMI 2.1, DC-In

Kanan: dua USB 3.2 Gen 1 type-A, micro SD card reader, ethernet

Kiri: dua USB 3.2 Gen 1 type-C, audio Layar 16 inch IPS WQXGA (2560 x 1600), refresh rate 165Hz, 100% sRGB Keyboard 103 key, RGB per-zone backlight Audio 2x 2 watt speaker, Nahimic Sistem operasi Windows 11 Home & Office Home & Student 2021 Baterai/bobot 80 Wh/230 watt Dimensi/bobot 35,9 x 26,2 x 2,52 cm / 2,36 kg Garansi 3 tahun (Accidental Damage Protection) Situs web www.lenovo.com/id Harga  

Leave a comment