Informasi Terpercaya Masa Kini

Samsung Hadirkan Fitur Khusus untuk Caregiver, Simak Kemampuannya

0 5

TEMPO.CO, JakartaSamsung menghadirkan fitur Family Care dalam aplikasi SmartThings yang berfungsi sebagai pengatur jadwal dan mampu memantau aktivitas kesehatan lansia. Fitur diklaim mempermudah pekerjaan caregiver karena dengan teknologi ini mereka mampu mengatur segala jadwal dalam merawat lansia, tanpa harus kelupaan akan momen-momen yang penting.

“Dengan Family Care, caregiver akan menerima peringatan jika ada sesuatu tak normal terdeteksi dalam rutinitas harian orang yang mereka rawat,” bunyi siaran pers Samsung dikutip dari laporan GSMArena, Senin, 19 Agustus 2024. Ditambahkan, “Family Care akan menyakinkan pengguna bahwa mereka baik-baik saja.”

Adanya fitur khusus untuk para caregiver, kata Samsung, juga bertujuan membuat jangkauan aplikasi besutannya seluas mungkin. Family Care terhubung dengan berbagai ekosistem aplikasi Samsung lainnya, mulai dari perangkat smarthome, aplikasi kesehatan, pemantau jadwal komprehensif, hingga lokasi layanan perawatan terdekat.

Untuk saat ini, SmartThings Family Care baru dirilis untuk pengguna di Amerika Serikat. Samsung berjanji akan mengupayakan kehadirannya di skala global segera setelah ini.

SmartThings Family Care Samsung, Bisa Apa Saja?

Lansia cenderung mudah diserang oleh pelbagai penyakit. Kondisi ini membuat keluarga atau perawatnya mudah merasa was-was. Family Care diklaim mampu mengatasi masalah ini, karena pengguna aplikasi bisa mengingatkan jadwal-jadwal mengecek kadar gula darah lansia beserta tekanan darahnya secara rutin.

Selain itu, Family Care juga mampu menjadwalkan pertemuan dengan dokter untuk pemeriksaan kondisi kesehatan lansia atau orang yang membutuhkan layanan ini. Perawat atau pendamping atau caregiver juga akan menerima notifikasi supaya tidak kelupaan akan jadwal konsultasi tersebut.

Alert akan diberikan ketika orang tua yang mereka rawat tiba di satu tempat atau meninggalkan sebuah lokasi untuk memastikan keselamatan mereka. Fitur ini bisa pula untuk membuat otomatisasi untuk membantu orang tua menghemat energi dengan mematikan peralatan listrik saat tidak ada orang di rumah. Termasuk membantu meningkatkan kualitas udara dengan mengaktifkan air purifier secara otomatis saat polusi di luar ruangan sedang tinggi atau tidak sehat.

Layanan Family Care dapat diakses melalui tab Life pada aplikasi SmartThings. Fitur teranyar Samsung ini sudah mulai diuji coba kelayakannya di Amerika Serikat pekan ini. Samsung memastikan Family Care akan meluncur di skala global jika muncul minat yang tinggi akan fitur tersebut.

Pilihan Editor: Dianggap Denial, Ini 5 Poin Pernyataan Undip atas Dugaan Bullying di Balik Kematian Mahasiswi PPDS

Leave a comment