Informasi Terpercaya Masa Kini

Tak Mau Ranking FIFA Terus Merosot, Timnas Vietnam Sambut 6 Bala Bantuan Besar di FIFA Matchday Oktober

0 4

SUPERBALL.ID – Hasil kurang memuaskan pada rangkaian pertandingan FIFA Matchday September 2024 menyebabkan peringkat Timnas Vietnam terus terpuruk.

Pada Oktober mendatang, skuad besutan Kim Sang-sik akan melanjutkan dua pertandingan persahabatan lagi di bawah agenda FIFA.

Pada saat itu, Golden Star Wariors diharapkan tampil beda dengan tambahan pemain berkualitas.

Seperti diketahui, Timnas Vietnam mengakhiri turnamen persahabatan internasional bertajuk LPBank Cup 2024 dengan kekalahan 1-2 dari Timnas Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (10/9/2024) malam WIB.

Meski sempat unggul lebih dulu berkat gol Tien Linh pada menit ke-20, pasukan Kim Sang-sik gagal mempertahankannya dan membuat lawan membalikkan kedudukan di babak pertama.

Kekalahan ini memperpanjang rekor tanpa kemenangan Timnas Vietnam melawan Thailand.

Terakhir kali Golden Star Warriors mengalahkan tim Kuil Emas adalah pada tahun 2019.

Saat itu, Vietnam menang dalam turnamen persahabatan Piala Raja di Thailand dengan kemenangan tipis 1-0.

Baca Juga: Reaksi Fans Lihat Timnas Vietnam Kalah Memalukan Lawan Pemain Lapis Thailand

Di FIFA Matchday September 2024, sebelum dikalahkan Thailand, Vietnam juga tumbang melawan Rusia (0-3).

Hal ini menyebabkan Hung Dung dan rekan satu timnya terus kehilangan poin di Ranking FIFA.

Menurut catatan Football-ranking, Timnas Vietnam (peringkat 115 dunia) dikurangi 4,52 poin oleh FIFA karena kalah dari Thailand (peringkat 101).

Sebelumnya, Golden Star Warriors telah dikurangi 2,14 poin setelah kalah dari Rusia pada 5 September.

Dengan demikian, Timnas Vietnam secara total dikurangi 6,66 poin selama FIFA Matchday September 2024, sehingga skornya turun menjadi 1163,50 poin.

Akibatnya, Vietnam turun ke posisi 116 dunia dalam Ranking FIFA, peringkat terendah dalam 7 tahun terakhir, sejak November 2017 (peringkat 125).

Rencananya, satu bulan setelah gelaran turnamen persahabatan internasional LPBank Cup 2024, Timnas Vietnam akan menjalani dua laga uji coba lagi.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) telah menghubungi Kim Sang-sik dan timnya untuk memainkan pertandingan persahabatan dengan India dan Lebanon.

Sesuai jadwal, Timnas Vietnam akan menghadapi Timnas India pada 9 Oktober dan melawan Lebanon pada 15 Oktober 2024.

Secara teori, peringkat Vietnam cukup setara dengan Lebanon dan India di level Asia.

Namun, setelah melalui 4 pertandingan di bawah asuhan Kim Sang-sik, para penggemar khawatir bahwa Prajurit Bintang Emas akan terus mendapatkan hasil yang lebih buruk.

Dalam kekalahan 1-2 dari Thailand baru-baru ini, Timnas Vietnam mengungkapkan terlalu banyak masalah, mulai dari kualitas skuad hingga semangat bermain.

Sekitar 1 bulan lagi, Liga Vietnam musim 2024/2025 dimulai, Kim Sang-sik akan memiliki waktu dan kesempatan untuk mencari formula baru sekaligus berharap kembali mendapatkan beberapa pemain yang berkualitas.

Menurut laporan Danviet.vn, Timnas Vietnam kemungkinan siap menyambut 6 bala bantuan besar untuk FIFA Matchday Oktober 2024.

Dalam pertemuan baru-baru ini, Nguyen Van Toan (Nam Dinh Green Steel) dan Bui Hoang Viet Anh (CAHN Club), dua pemain yang sangat diapresiasi oleh Kim Sang-sik, keduanya cedera dan tidak dapat berpartisipasi.

Namun, cedera keduanya tidak terlalu serius dan Oktober mendatang, jika tidak ada masalah, hampir pasti mereka akan kembali bermain untuk Timnas Vietnam.

Kasus lain yang juga dirawat karena cedera dan tidak hadir pada pertemuan baru-baru ini adalah Doan Van Hau.

Bek Thai Binh itu absen sepanjang musim 2023/2024 karena masalah tumit.

Baru-baru ini, ia telah kembali berlatih dan dokter mengatakan bahwa pemain dengan postur 186 cm ini dapat kembali ketika Liga Vietnam 2024/2025 dimulai.

Jika Doan Van Hau cepat mendapatkan kembali performanya, maka ia berpeluang kembali memperkuat Timnas Vietnam pada Oktober mendatang.

Cong Phuong juga sempat absen pada pemusatan latihan Timnas Vietnam baru-baru ini, namun bukan karena cedera, melainkan karena ia tidak bermain reguler di Yokohama FC.

Namun, minimnya daya gedor serangan Timnas Vietnam dalam dua laga terakhir bisa membuat Kim Sang-sik mengubah keputusannya terkait striker Nghe An tersebut.

Terlihat jelas saat ini, Cong Phuong masih menjadi salah satu penyerang berkelas dan mampu menciptakan terobosan terbanyak di sepak bola Vietnam berkat teknik individunya yang apik.

Dua wajah lain yang diharapkan oleh penggemar Vietnam dari Kim Sang-sik dalam kesempatan ini adalah Rafaelson (Nam Dinh Blue Steel) dan Jason Quang Vinh (CAHN Club).

Rafaelson nampaknya memiliki kewarganegaraan Vietnam saat didaftarkan oleh Nam Dinh Green Steel dalam daftar Liga Vietnam 2024/2025 sebagai pemain lokal (bernama Nguyen Xuan Son).

Dalam beberapa waktu terakhir, top scorer Liga Vietnam 2023/2024 asal Brasil itu berkali-kali mengutarakan keinginannya bermain untuk Timnas Vietnam.

“Jika Kim Sang-sik memanggil Rafaelson, maka Vietnam akan memiliki salah satu striker paling menakutkan di sepak bola Asia Tenggara saat ini,” tulis Danviet dalam laporannya.

Sementara itu, Jason Quang Vinh baru saja bergabung dengan CAHN Club dan bermain sebagai pemain luar negeri Vietnam.

Belum ada informasi yang menunjukkan bek kelahiran Prancis ini bersiap mengajukan permohonan kewarganegaraan Vietnam.

Namun, jika Kim Sang-sik dan VFF ingin tampil lebih berkelas untuk timnas Vietnam pada perjalanan ASEAN Cup 2024 mendatang, mereka pasti bisa memiliki rencana khusus agar Jason Quang segera bergabung.

Leave a comment