Informasi Terpercaya Masa Kini

Sambut Kunjungan Paus Fransiskus, Proyeksi Okupansi Hotel Sekitar GBK Penuh

0 5

KOMPAS.com –  Jelang kunjungan Kepala Negara Vatikan sekaligus Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskun ke Jakarta, pada Kamis (5/9/2024), okupansi hotel menuju area Gelora Bung Karno (GBK) diproyeksikan penuh.

“Saya sih melihat proyeksi okupansi untuk jalur yang akan dilewati (oleh Paus Fransiskus) menuju GBK bisa full untuk menyambut Misa akbar di GBK,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam program The Weekly Brief with Sandi Uno di gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Baca juga:

  • Stasiun KRL Terdekat dari GBK, Bisa Lanjut Jalan Kaki
  • Cara ke GBK Naik Bus Transjakarta, Bisa dari Arah Tangerang

Sebagai informasi, Misa kudus akan digelar di Stadion GBK dan Stadion Madya Jakarta Pusat, sebagai penutup dari rangkaian kunjungan Paus ke Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Adyatama Kepariwisatawan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Nia Niscaya menambahkan bahwa saat ini belum ada informasi mengenai okupansi hotel dan pergerakan wisatawan.

“Yang jelas ini pasti akan terjadi pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) karena beliau aktivitasnya di Jakarta. Kurang lebih ada 8 juta umat Katolik di Indonesia, akan ke sini,” kata Nia, Senin.

Sementara itu, Sandi mengatakan saat ini sudah ada paket-paket wisata yang menawarkan aktivitas melihat rangkaian perjalanan Paus Fransiskun di Indonesia.

Baca juga:

  • 10 Tempat Wisata Dekat GBK, Ada yang Tinggal Jalan Kaki
  • 3 Tips Dapat Hotel Dekat GBK meski Sudah Ludes Dipesan

“Jadi mudah-mudahan kunjungan beliau disambut meriah dan membawa berkah bagi kita semua,” ujar Sandi.

Misa Kudus Paus Fransiskun di GBK dan Stadion Madya

Menambahkan dari Kompas.com (27/8/2024),  Perwakilan Konferensi Waligereja Indonesia sekaligus Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, RD Thomas Ulun Ismoyo mengatakan, misa bersama Paus akan dihadiri oleh 86.000 umat. 

GBK sebagai lokasi utama misa akan menampung 60.000 umat, sementara Stadion Madya akan ditempati oleh 26.000 umat. 

Baca juga: Bersantai di Hutan Kota GBK Jakarta, Isi Waktu Ngabuburit

Thomas menjelaskan, Panitia Kunjungan Paus telah menyiapkan 702 pastor untuk membagikan komuni ketika misa berlangsung. 

Dari jumlah tersebut, 407 pastor akan ditugaskan di GBK dan 232 pastor ditempatkan di Stadion Madya. 

“Pembagian komuni kudus untuk 86.000 orang itu dilakukan dalam misa yang berdurasi sekitar satu setengah jam,” ujar Thomas dikutip dari Kompas.id, Selasa (27/8/2024).

Terkait kedatangan Paus di GBK, Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta meminta masyarakat untuk mewaspadai arus lalu lintas di sekitar kawasan ini. 

Terlebih, di kawasan tersebut akan digelar Indonesia Sustainability Forum (ISF) pada hari yang sama sejak pagi hari. Adapun, ISF adalah bagian dari acara ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC). 

Baca juga: Taman Kota GBK: Jam Buka, Akses, dan Syarat Masuk

ISF rencananya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan tamu kenegaraan yang hadir akan dijamu makan malam di Monumen Nasional (Monas). 

“Saya mengimbau dengan kepadatan tanggal 5 September, ada dua kegiatan besar,” ujar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dikutip dari Kompas.id, Senin. 

“Maka, kami harapkan masyarakat bisa melihat ini, mencermati ini sehingga bisa mengambil keputusan untuk melakukan work from home secara mandiri,” tambahnya.

Leave a comment