Informasi Terpercaya Masa Kini

Olimpiade Paris 2024: Kata Manajer Tim Panjat Tebing Usai Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah Lolos ke Perempat Final

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Manajer tim panjat tebing Indonesia Rizali Umarella mensyukuri keberhasilan Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah yang lolos ke perempat final Olimpiade Paris 2024. Ia menyebut kedua atlet akan fokus melakukan pemulihan sebelum kembali bertanding.

“Kita bisa perbaiki dalam satu hari karena besok istirahat, semoga perempat finnal nanti kita bisa lebih maksimal,” ujar dia saat dihubungi awak media, termasuk Tempo pada Senin, 5 Agustus 2024.

Desak dan Rajiah tampil mengawali pertandingan dari babak kualifikasi seeding heat. Keduanya sama-sama tampil dua kali di Lane A dan B. Desak menghadapi wakil Prancis Capucine Viglione, sementara Rajiah melawan Emma Hunt dari Amerika Serikat.

Pertandingan sempat tertunda karena ada kendala teknis. Desak menjadi salah satu korbannya. Saat bertanding melawan Viglione, tombol untuk menghentikan waktu sebagai tanda garis finis tidak berfungsi sehingga membuat pertandingan harus diulang.

Atlet kelahiran Buleleng, Bali itu akhirnya mampu mencatatkan waktu 6,52 detik di Lane A dan 6,45 detik di Lane B sehingga berhak menempati peringkat keenam. Sementara itu, Rajiah juga tampil gemilang dengan meraih catatan waktu 6,67 detik di lane A dan 6,45 detik di lane B. Catatan tersebut membuat dia menempati peringkat ketujuh pada fase ini.

Rajiah Sallsabillah dari Indonesia seusai mengikuti Kualifikasi Kecepatan Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget, Prancis, 5 Agustus 2024. REUTERS/Benoit Tessier

Memasuki babak eliminasi, hasil undian mempertemukan Desak dengan wakil Amerika Serikat Piper Kelly. Sementara Rajiah bersua wakil Spanyol Leslie Adriana Romero Perez. Desak mampu memenangkan pertandingan dengan catatan waktu 6,38 detik. Di sisi lain Rajiah harus mengakui keunggulan Romero setelah gagal finis. Walau begitu, dia tetap lolos ke perempat final karena mendapat slot terakhir yang berhak ditempati oleh atlet dengan catatan waktu terbaik di babak seeding heat.

Rizali mengapresiasi penampilan Desak dan Rajiah. Khusus untuk Desak, dia mengakui kendala teknis pada awal babak seeding heat sempat mempengaruhi kondisinya. “Pastinya ada pengaruh (kendala teknis). Tapi pada prinsipnya bagi kami tetap syukuri hasil ini.”

Sementara, untuk Rajiah, pria yang akrab disapa Ichal itu juga memuji penampilannya yang berhasil mencapai catatan waktu terbaiknya pada angka 6,58 detik. “Dengan segala kondisi dia bisa maksimal seperti itu. Menurut saya ini penampilan baik.”

Selanjutnya, Rajiah akan menghadapi wakil Amerika Serikat Emma Hunt, sedangkan Desak bersua Deng Lijuan. Pertandingannya akan berlangsung di Le Bourget Climbing Venue pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Rizali pun memastikan Desak dan Rajiah bakal tampil maksimal di babak perempat final Olimpiade Paris 2024. “Mohon doanya masyarakat Indonesia. Kekuatan doa yang akan menentukan semuanya. Secara teknis sudah kami siapkan secara maksimal.”

Pilihan Editor: Hasil Olimpiade Paris 2024: An Se Young Raih Medali Emas, Kalahkan He Bing Jiao di Final

Leave a comment