Informasi Terpercaya Masa Kini

Respons Heru Budi Hartono Soal Demo Sopir Jaklingko

0 15

TEMPO.CO, Jakarta – Sejumlah massa yang berasal dari sopir Jaklingko Mikrotrans berdemo di depan Balai Kota pada Selasa, 30 Juli 2024. Demo digelar sejak pagi tadi sekitar pukul 8. Mereka menuntut upah yang layak.

Pantauan Tempo, massa memadati sekitar Jalan Merdeka Sirait, Jakarta Pusat. Mereka menutup akses di salah satu jalur tepat di depan Kantor Balai Kota DKI Jakarta. Di sana, mereka berorasi. Beberapa perwakilan para sopir sudah diminta masuk untuk melakukan audiensi secara langsung.

“Ini sebuah kelalaian Pemda (pemerintah daerah) mengurus soal transportasi,” kata salah satu perwakilan pendemo dari Komilet Jaya, Jhon Kenedy di Balai Kota DKI Jakarta.

Aksi demo itu diikuti sopir angkutan pengganti bemo dan Jaklingko Mikrotrans dari forum komunikasi laskar biru yang tergabung dari beberapa koperasi seperti Kopamilet Jaya, Kolamas Jaya, Purimas Jaya, Komika Jaya, Komilet Jaya, Kojang Jaya, PT Kencana Sakti Transport dan PT Lestari Surya Gemapersada.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengaku sudah mengetahui ada aksi demonstrasi di depan kantornya. Namun, pagi ini Heru melakukan kunjungan ke SDN Cideng 07, Gambir, Jakarta Pusat.

“Tadi saya sudah bicara sama Transjakarta dan Dinas Perhubungan. Dipetakan permasalahan yang mana,” kata Heru ditemui di SDN Cideng 07, Gambir, Jakarta Pusat.

Saat ditanya awak media apakah Heru berencana menemui mereka, dia menyebut sudah meminta Kepala Dinas Perhubungan untuk bertemu dengan pendemo. Heru meminta media untuk menanyakan kelanjutannya ke Dinas Perhubungan. “Sudah ada, saya minta untuk ditangani,” ucapnya.

Adapun gaji para sopir Jaklingko saat ini bukan berdasarkan banyaknya penumpang yang dibawa, namun hitungan kilometer atau jarak tempuh dalam waktu kerja mereka. Sehingga ada beberapa kasus di media sosial warga mengeluhkan para sopir ini ugal-ugalan karena mengejar jarak tempuh.

Menanggapi hal itu Heru mengaku tidak tahu. “Saya enggak tahu. Kalau per kilometer kan sudah bagus ya. Kenapa begitu. Saya nanti tanya dulu suruh evaluasi Kepala Dinas Perhubungan,” ujarnya.

Pilihan Editor:Hadir di Mukernas Partai Perindo, Megawati Akan Beri Materi Bimbingan Teknis

Leave a comment