Informasi Terpercaya Masa Kini

2 Cagub Terkuat di Pilkada Sumut 2024 Menurut Survei Terbaru,Elektabilitas Bobby Nasution Melejit

0 8

TRIBUNKALTIM.CO – Inilah hasil survei terbaru Pilkada Sumut 2024, sosok calon gubernur terkuat semakin menunjukkan elektabilitasnya.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru atas elektabilitas bakal calon Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada Sumut 2024.

Hasilnya, hanya dua nama yakni Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi, bersaing ketat dalam persaingan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2024.

Dalam pernyataan top of mind, Bobby Nasution memiliki tingkat elektabilitas sebesar 34,2 persen.

Baca juga: Danny Pomanto Tak Rela Andi Sudirman Lawan Kotak Kosong di Pilkada Sulsel, Hasil Survei Bakal Cagub

Sementara itu, Edy Rahmayadi menempati posisi kedua dengan elektabilitas 15,1 persen.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam rilis bertajuk ‘Peta Pilkada Menjelang Pendaftaran: Siapa Unggul di Sumatera Utara’, secara daring pada Minggu (28/7/2024).

“Dimulai dari pertanyaan top of mind, di sini kita lihat untuk sementara yang unggul adalah Bobby Afif Nasution dengan 34 persen, disusul oleh Edy Rahmyadi 15,1 persen,” ungkap Djayadi.

Djayadi menyebut nama-nama lain masih memiliki tingkat elektabilitas di bawah 10 persen.

Misalnya Musa Rajekshah (4,0 persen), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (3,3 persen), Darma Wijaya (1,1 persen), dan Nikson Nababan (1,0 persen).

“Jadi, kalau kita lihat dari top of mind-nya ada dua nama yang memuncaki pertarungan yaitu Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi,” ujar Djayadi.

Sementara itu, dalam pertanyaan simulasi semi terbuka 23 nama, nama Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi masih menempati posisi teratas.

Bobby meraih elektabilitas sebesar 41,2 persen, dan Edy mendapatkan 21,1 persen.

“Kalau kita lihat di semi terbuka 23 nama, kondisinya hampir sama, dua nama teratas Bobby Afif Nasution dan Edy Rahmayadi. Jarak antara Bobby dan Edy juga mirip. Kalau di sini sekitar 20 persen, di semi terbuka juga 20 persen, jadi sama-sama naik 6 persen,” ujar Djayadi.

Sementara itu, nama Ahok dalam simulasi semi terbuka 23 nama, Ahok meraih elektabilitas 7,3 persen.

“Demikian juga Musa Rajekshah yang menjadi wakil gubernur di masa Edy Rahmayadi itu masih di bawah 10 persen,” ucapnya.

“Jadi sama dengan top of mind didominiasi oleh dua nama Bobb Afif Nasution dan Eddy Rahmayadi,” pungkasnya.

Adapun jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia dilaksanakan pada 7-17 Juli 2024. Sebanyak 800 responden yang tinggal di Sumatra Utara terlibat dalam survei ini melalui metode wawancara.

Metode yang digunakan dalam survei ini yakni simple random sampling, dengan margin of error survei sebanyak 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Siapa Cawagub Bobby Nasution?

Siapa bakal menjadi calon wakil Gubernur (cawagub) Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024?

Sudah ada 2 partai yang mengajukan nama bakal cawagub Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024, yakni PKB dan Golkar.

Sebelum Golkar mengajukan nama Surya, kader Partai Beringin yang saat ini menjabat sebagai Bupati Asahan, PKB lebih dulu mengusulkn Nagita Slavina, istri Raffi Ahmad.

Partai Golkar mengenalkan Bupati Asahan, Surya sebagai cawagub Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024 ini dalam pertemuan di Hotel JW Marriot Medan yang dihadiri seluruh anggota DPD di Sumatera Utara.

Baca juga: Dukungan untuk Bobby Nasution Ditarik, Presiden PKS sebut Belum Tentukan Sikap di Pilkada Sumut 2024

Di acara yang dihadiri Bupati Asahan, Surya dan Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah ini terlihat juga mantu Jokowi, Bobby Nasution yang bakal maju di Pilkada Sumut 22024.

Dalam beberapa video dan foto yang diterima Tribun-medan.com (grup TribunKaltim.co), kedekatan Bobby Nasution, mantu Jokowi itu dengan Surya cukup akrab. 

Bahkan terlihat, beberapa kali keduanya saling bercengkrama dan saling lempar tawa. 

Ketua DPD Golkar Asahan, Edi Irwansyah Pane mengaku pertemuan tersebut dilakukan di acara bimbingan teknis partai Golkar Sumut. 

“Hari ini bukan deklarasi, bimtek calon kepala daerah, anggota DPRD, dan anggota DPRD terpilih dari Golkar. Kegiatan ini diadakan dari Golkar Provinsi Sumut, Bapak Musa Rajekshah,” kata Efi. 

Golkar Asahan merasa bersyukur dan bangga bila Surya dipilih sebagai wakil gubernur. 

“Kami bersyukurlah. Karena, kalau Pak Surya bisa menjadi Wakil Gubernur, kita pasti berharap Kabupaten Asahan bisa lebih cepat dalam melakukan pembangunan,” katanya. 

Selain itu, ungkapnya, kader Golkar Asahan memiliki jiwa militan yang tinggi. Sebab, dalam pileg tahun 2024, Golkar Asahan berhasil memperoleh 10 kursi DPRD. 

“Kita pastikan kader mulai dari Kabupaten hingga kecamatan dan desa pasti akan memenangkan Bobby dan Surya. Terbukti, dari pileg kita bisa mendapatkan perolehan tertinggi,” pungkasnya. 

Bobby Nasution sebut Titik Terang

Baca juga: Alasan PKB Sorong Nagita Slavina Jadi Cawagub Bobby Nasution, Cek Survei Terbaru Pilkada Sumut 2024

Bobby Nasution, mengatakan, kehadirannya di Bimtek Golkar tersebut merupakan sebuah silaturahmi dengan  seluruh kader Golkar Sumut. 

“Pastinya silaturahmi seluruh kader Golkar yang ada di sumut baru perkenalan saya sampaikan perjalanan dengan silaturahmi yang kita jalani selama ini itu saja,” kata Bobby, Senin (15/7/2024). 

Kata Bobby, dengan didampingi oleh Surya, Bobby mengaku ini merupakan sebuah titik terang.

Sebab, sudah beberapa kali nama Surya disebutkan oleh ketua umum Golkar. 

“Ini titik terang, nama-nama selama ini hadir di bursa cawagub Sumut memang ada di sampaikan dan kemarin, pak Airlangga, pak Surya sudah disampaikan oleh pak Ijeck.

Ini sudah ada titik terang,” katanya. 

Namun, menurutnya, ini merupakan hal pribadi Bobby Nasution, hingga saat ini dirinya juga masih menunggu kelanjutan dari partai Gerindra yang merupakan bahtera politik yang saat ini ditunggangi Bobby. 

“Secara pribadi, dari partai Gerindra menunggu kelanjutannya setelah hari ini. Ini masih dari Golkar,” katanya seperti dikutip TribunKaltim.co dari Tribun-Medan.com di artikel berjudul KATA Bobby Nasution Soal Bupati Asahan Surya Diperkenalkan Golkar Sebagai Calon Wakilnya di Pilgub. 

PKB Usulkan Nagita Slavina

Sebelumnya, PKB sudah memberikan dukungannya kepada menantu Jokowi, Bobby Nasution untuk Pilkada Sumut 2024.

Baca juga: Survei Terbaru Pilkada Sumut 2024, Peluang Nagita Dampingi Bobby, Raffi Ahmad: Kami Tak Bilang Tidak

Dukungan PKB untuk Bobby Nasution ini disampaikan langsung Wakil Ketua Umum, Jazilul Fawaid.

Penyerahan dukungan kepada menantu Presiden Jokowi ini berlangsung di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

“Dalam SK, (PKB) memberikan keputusan dan menetapkan Mas Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai Calon Gubernur Sumatera Utara,” kata Jazilul seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com.

Dengan adanya dukungan ini, Jazilul mengatakan, Bobby diharapkan bisa lebih giat menyiapkan diri jelang Pilkada Sumut 2024.

“Yang jelas, PKB, dengan surat keputusan yang sudah diturunkan ini, berharap Mas Bobby lebih kencang lagi larinya.

Lebih cepat lagi untuk berkoordinasi dengan partai lain dan melengkapi pasangannya (calon wakil gubernur),” ujar Jazilul.

“Karena waktu relatif pendek, tidak panjang menuju Pilkada 2024 di bulan November nanti,” sambungnya.

Terkait calon wakil gubernur yang bakal mendampingi Bobby Nasution pada Pilkada mendatang, Jazilul berharap sosok itu perempuan dan memiliki elektabilitas yang baik.

“Kalau bisa dari unsur perempuan, dari unsur tokoh di Sumut, baik dari ormas, partai politik, atau yang lain,” urainya.

Sosok yang diusulkan PKB untuk mendampingi Bobby Nasution pada Pilkada mendatang yakni selebritis dan Istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina.

Dia menilai, Nagita memiliki pengaruh besar di media sosial sehingga diharapkan bisa memperbesar peluang Bobby pada Pilkada Sumut.

“Tadi ini diskusinya, ini serius, saya sampaikan ke mas Bobby, memang kan ini zaman media sosial, kami mengusulkan yang mendampinginya itu Mbak Nagita Slavina,” ungkap Jazilul.

Baca juga: Respons Bobby Nasution Usai PKB Usulkan Nagita Slavina sebagai Calon Wagubnya di Pilkada Sumut 2024

Profil Surya 

Nama Surya memang sudah melekat di benak masyarakat Kabupaten Asahan.

Selain Bupati Asahan saat ini, Surya juga merupakan putra asli Kabupaten Asahan yang lahir di Pulau Raja, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, 22 Mei 1955 silam. 

Sudah satu dekade lebih Surya menjadi bagian dari pemerintahan Kabupaten Asahan.

Surya dia kali menjabat sebagai wakil Bupati Asahan bersama Taufan Gama Simatupang, satu kali Plt Bupati, dan kini menjadi Bupati Asahan setelah memenangkan pemilu pada 2020 silam. 

Sebelum menjabat Bupati dan wakil Bupati Asahan, Surya sudah menyusun karier politiknya di Golkar sejak tahun 1977.

Hingga saat ini, Surya aktif di organisasi-organisasi partai.

Tidak seperti politikus lain, Surya merupakan kader Golkar tulen yang tidak pernah berganti pakaiannya ke partai politik lain.

Surya tetap setia dengan jas kuning khas partai berlogo pohon beringin tersebut. 

Terbukti, Surya mengawali kariernya menjadi anggota dewan Kabupaten Asahan, dan berlanjut menjadi anggota DPRD Batubara, bahkan menjadi ketua DPRD Batubara pertama pada tahun 2008-2009.

Dengan melihat sejarah politik Surya, Taufan Gama Simatupang yang merupakan anak mantan Bupati Asahan, Abdul Manan Simatupang melirik dan menggandengnya sebagai wakil Bupati dalam pemilu 2010-2015.

Duet keduanya berjalan harmonis dan berlanjut hingga periode berikutnya, 2015-2020.

Namun, pada tahun 2019, Taufan Gama Simatupang meninggal dunia akibat sakit, sehingga Surya mengambil alih kepemimpinan menjadi Plt Bupati Asahan. 

Mantan ketua DPD Golkar Batubara ini, kembali mengikuti kontestasi pemilu di tahun 2020 maju sebagai Bupati dengan menggandeng Sekretaris Daerah Asahan kala itu, Taufik Zainal Abidin Siregar, dan berhasil mendapatkan kursi orang nomor 1 dan nomor 2 pemkab Asahan. 

Pasangan ini berhasil memperoleh 139.005 suara pada Pilkada 2020 dan secara otomatis menumbangkan dua pasangan lainnya, yakni Nurhajizah Marpaung – Hendri Siregar, dan Rosmansyah – Winda Fitrika. 

Kini Surya digadang-gadang akan berpasangan dengan Bobby Nasution dalam Pilgub 2024 mendatang.

Nama Surya disebut – sebut menjadi sosok yang layak mendampingi Bobby. 

Kendati begitu, Surya mengaku sampai saat ini baik Ketum Golkar, Airlangga Hartanto, maupun Calon Gubernur Sumut, Bobby Nasution belum ada menghubungi pihaknya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Survei LSI Terbaru: Bobby Nasution Ungguli Edy Rahmayadi hingga Ahok di Pilgub Sumut.

Ikuti berita populer lainnya di Google News Tribun Kaltim

Ikuti berita populer lainnya di saluran WhatsApp Tribun Kaltim

Leave a comment