Informasi Terpercaya Masa Kini

2 Contoh Teks Ceramah Soal Sumpah Pemuda yang Singkat & Bermakna

0 5

Ceramah menjadi salah satu agenda yang dapat diadakan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Ceramah ini seyogianya mengandung pesan-pesan agama yang berhubungan dengan nilai-nilai dalam Sumpah Pemuda.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda akan kembali diadakan di Indonesia pada Senin, 28 Oktober 2024 mendatang. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 ini, membawa tema bertajuk “Maju Bersama Indonesia Raya”.

Sumpah Pemuda merupakan peringatan saban tahun di Indonesia semenjak ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Sumpah Pemuda salah satunya untuk memperingati tiga ikrar yang dihasilkan dalam Kongres Pemuda 2 di Batavia (Jakarta) pada 27-28 Oktober 1928 sebagai berikut:

Pertama

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Baca juga:

  • Isi Teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, Tujuan, dan Maknanya
  • Peran Moh Yamin dalam Kemerdekaan Indonesia & Sumpah Pemuda

Contoh teks Ceramah Singkat Tema Sumpah Pemuda Ada banyak agenda yang dapat dipilih untuk meramaikan Hari Sumpah Pemuda 2024. Salah satu agenda yang cocok adalah ceramah singkat dengan tema Sumpah Pemuda. Berikut ini contoh ceramah dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024:

1. Contoh Ceramah Hari Sumpah Pemuda Pertama Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

الْحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَأَصَحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَومِ الدِّينِ، أَمَّا بَعْدُ

Yang terhormat Ibu Susi, selaku Guru Bahasa Indonesia,

Tidak lupa, seluruh teman-teman yang berbahagia,

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmat, taufik, serta inayahNya, acara ini dapat terlaksana tanpa halangan suatu apapun.

Selawat serta salam, semoga senantiasa tercurah kepada nabi besar Nabi Muhammad Saw, junjungan yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan hingga zaman terang benderang seperti sekarang ini.

Dalam kesempatan yang khidmat ini, saya akan berceramah dengan topik Sumpah Pemuda.

Teman-teman yang saya banggakan,

Sumpah pemuda adalah suatu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan di Indonesia. Ikrar Sumpah Pemuda dianggap sebagai semangat perjuangan pemuda dan pemudi bangsa dalam meraih tujuan dan cita-cita yaitu berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh sebab itu, pada hari ini, Senin, 28 Oktober 2024, kita seluruh bangsa Indonesia kembali mengenang waktu ketika rasa nasionalisme para pemuda dan pemudi bangkit. Mereka di masa lalu, bertekad untuk bersatu karena untuk meraih kemerdekaan Indonesia, jalan satu-satunya bukanlah dengan berjuang sendiri-sendiri melainkan secara bersama.

Teman-teman yang saya banggakan,

Ikrar Sumpah Pemuda memiliki arti yang sangat penting, karena merupakan dasar dari persatuan dan nasionalisme Indonesia. Seluruh rakyat terutama pemuda dan pemudi Indonesia bersumpah bertumpah darah satu tanah Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung Bahasa persatuan Bahasa Indonesia.

Melalui peringatan Sumpah Pemuda, generasi muda kini harapannya dapat turun aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Semoga semangat Sumpah Pemuda selalu tertanam di hati seluruh rakyat Indonesia, sehingga dapat bekerja sama dan berkolaborasi dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sekian ceramah tentang Sumpah Pemuda, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. Marilah kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat agar perjuangan dan pengorbanan pahlawan tidak sia-sia. Amin amin ya rabbal alamin.

Akhirul kalam wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga: 5 Contoh Teks Orasi Sumpah Pemuda Singkat dan Penuh Semangat

2. Contoh Ceramah Sumpah Pemuda Kedua

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

الْحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَأَصَحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَومِ الدِّينِ، أَمَّا بَعْدُ

Yang kami muliakan…..

Yang kami hormati….

Tidak lupa, seluruh hadirin yang berbahagia….

Pada kesempatan ini, marilah kita membahas salah satu peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia, yaitu Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah peringatan untuk mengenang perjuangan para pemudi dan pemuda dari berbagai suku, agama, dan latar belakang yang berkumpul untuk menyatukan semangat kebangsaan dalam satu ikrar: bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, yaitu Indonesia.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT banyak menyinggung tentang pentingnya pemuda, salah satunya melalui kisah Ashabul Kahfi. Diceritakan, sekelompok pemuda beriman yang berlindung di dalam gua karena mempertahankan keimanan mereka dari penguasa zalim sebagai berikut:

“Kami menceritakan kepadamu (Nabi Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami menambahkan petunjuk kepada mereka,” (QS. Al-Kahf [18]: 13).

Ayat di atas mengajarkan, pemuda yang memiliki iman yang kuat akan senantiasa mendapat petunjuk dari Allah SWT dalam setiap langkahnya. Islam melihat pemuda sebagai pilar perubahan atau agen-agen yang memimpin umat menuju kebaikan.

Di sisi lain, dalam sejarah perjuangan Islam, dikenal sosok-sosok pemuda yang tanggung seperti Ali bin Abi Thalib, Usamah bin Zaid, dan Mush’ab bin Umair. Mereka adalah contoh nyata pemuda Islam yang berperan aktif dalam memperjuangkan agama Allah dan menghadirkan keadilan di muka bumi. Tidak hanya itu, mereka bahkan bersemangat dalam berjuang menegakkan nilai-nilai Islam.

Hadirin yang berbahagia,

Sumpah Pemuda mengajarkan kepada kita pentingnya persatuan dan kesatuan. Hal ini selaras dengan ajaran Islam yang menyatakan umat Islam bagaikan satu tubuh, satu umat, sebagaimana sabda Rasulullah Saw. dalam hadis sebagai berikut:

“Perumpamaan orang-orang beriman dalam kasih sayang, saling mencintai, dan saling mengasihi adalah seperti satu tubuh. Jika satu bagian tubuh sakit, maka seluruh tubuh akan merasakan sakit dan demam,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka dari itu, pemuda muslim harus mampu menjaga persatuan dalam lingkup umat Islam maupun warga negara Indonesia. Melalui momentum Sumpah Pemuda ini, marilah kita menjadi pemuda yang beriman, berakhlak mulia, dan selalu berada di jalan yang diridai Allah SWT.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan kekuatan dan petunjuk kepada kita semua. Amin amin ya rabbal alamin.

Akhirul kalam wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga:

  • Link Spanduk Banner Sumpah Pemuda 2024 dan Cara Membuatnya
  • 8 Cara Memperingati Sumpah Pemuda untuk Anak TK dan PAUD
Leave a comment