Informasi Terpercaya Masa Kini

[HOAKS] FIFA Jatuhkan Sanksi ke Bahrain karena Kepemimpinan Wasit yang Janggal

0 5

KOMPAS.com – Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) diklaim menjatuhkan sanksi kepada Bahrain. Klaim ini beredar di sejumlah unggahan media sosial.

Menurut unggahan, sanksi diberikan setelah ditemukan kejanggalan terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al-Kaf saat laga melawan Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun, setelah ditelusuri unggahan tersebut tidak benar atau hoaks.

Sebagai konteks, kepimpinan wasit asal Oman Ahmed Al Kaf dalam laga Indonesia melawan Bahrain menjadi sorotan. Ia dianggap membuat keputusan kontroversial yang menguntungkan Bahrain sebagai tuan rumah.

Kontroversinya yakni membiarkan masa perpanjangan waktu babak kedua melebihi durasi yang ditentukan. Hal itu membuat Indonesia kebobolan di menit ke-99 dan gagal mengemas kemenangan.

Narasi yang beredar

Narasi yang mengeklaim FIFA menjatuhkan sanksi kepada Bahrain karena keputusan wasit yang janggal saat melawan Indonesia muncul di media sosial. Salah satunya dibagikan akun Threads ini.

Akun tersebut membagikan tautan video di YouTube dengan keterangan berikut:

KEPUTUSAN KERAS! Bahrain Resmi Di SANKSI & HUKUM BERAT FIFA USAI VS TIMNAS INDO JADI harapan saya

Silahkan nonton dulu biar nggak salah paham

youtu.be/fYDvF…

Kemudian di thumbnail video terdapat tulisan:

KEPUTUSAN RESMI FIFA TIDAK BISA DIGANGGU GUGAT

BAHRAIN RESMI DISANKSI FIFA

USAI KEJANGGALAN WASIT USIA INDONESIA VS BAHRAIN MENURUT SAYA

Penelusuran Kompas.com

Setelah tautan dibuka dan video disimak sampai tuntas, tidak ada informasi valid FIFA menjatuhkan sanksi kepada Bahrain usai laga melawan Indonesia.

Narator video hanya membacakan artikel di laman Bisnis.com ini yang berjudul: “Protes ke FIFA, Bisakah Laga Bahrain vs Timnas Indonesia Diulang?”. 

Artikel tersebut membahas sikap Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang mengajukan protes ke FIFA terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf dalam laga Indonesia melawan Bahrain. 

Selain itu, artikel juga membahas terkait seberapa besar kemungkinan laga Indonesia melawan Bahrain akan diulang. 

Sampai saat ini tidak ada informasi valid FIFA menjatuhkan sanksi kepada Bahrain karena kepimpinan wasit Ahmed Al-Kaf yang janggal saat melawan Indonesia.  Sehingga, informasi yang beredar dipastikan hoaks. 

Kesimpulan

Narasi yang mengeklaim FIFA menjatuhkan sanksi kepada Bahrain karena keputusan wasit yang janggal tidak benar atau hoaks. 

Narator video hanya membacakan artikel tentang PSSI yang mengajukan protes ke FIFA terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf dalam laga Indonesia melawan Bahrain.

Leave a comment