Informasi Terpercaya Masa Kini

Chatbot AI Copilot WhatsApp Bisa Apa Saja? Begini Kemampuannya

0 3

KOMPAS.com – Copilot, chatbot pintar berbasis Artificial Intelligence (AI) sekarang sudah tersedia di WhatsApp. Pengguna bisa chatting dengan Copilot AI di WhatsApp untuk melakukan berbagai hal.

Seperti ChatGPT, Gemini, dan chatbot AI lainnya, Copilot WhatsApp juga mampu menanggapi berbagai perintah dan pertanyaan pengguna. Dalam hal ini, pengguna mungkin penasaran dengan kemampuan atau fitur Copilot WhatsApp.

Baca juga: Trik Bikin Poster AI di WhatsApp dengan Copilot, Tinggal “PC” Chatbot Saja

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan Copilot WhatsApp? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai fitur Copilot WhatsApp yang menarik buat dicoba.

Apa itu Copilot WhatsApp?

Sebelum mengetahui fitur atau kemampuannya, ada baiknya untuk mengenali dulu Copilot WhatsApp. Copilot merupakan chatbot AI buatan Microsoft dengan language model GPT (Generative Pre-Trained Transformers) dari OpenAI.

Language model yang dipakai Copilot itu juga dipakai untuk mengembangkan ChatGPT. Copilot dulu bernama Bing AI atau Bing Chat. Kemudian, namanya berganti menjadi Copilot pada sekitar akhir 2023.

Sebelum hadir di WhatsApp, Copilot telah lebih dulu tersedia dalam versi website. Selain itu, Copilot juga tersedia sebagai salah satu tools yang terintegrasi di browser Microsoft Edge.

Microsoft terus mengembangkan Copilot agar bisa diakses di berbagai platform, termasuk di WhatsApp. Keberadaan Copilot di WhatsApp termasuk dalam agenda Copilot for Social Apps. Kehadiran Copilot di WhatsApp bukan sebagai fitur bawaan.

WhatsApp sejatinya punya fitur bawaan chatbot juga bernama Meta AI, tetapi masih tersedia secara terbatas di beberapa wilayah dan pengguna, di mana Indonesia belum kebagian.

Alih-alih sebagai fitur bawaan WhatsApp, Copilot WhatsApp hadir sebagai akun chatbot dengan berbagai kemampuan. Untuk kemampuan atau fitur Copilot WhatsApp, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Fitur Copilot WhatsApp

Copilot WhatsApp memiliki kemampuan utama seperti chatbot AI pada umumnya, yakni menanggapi dan mengolah berbagai perintah atau pertanyaan pengguna. Fitur Copilot WhatsApp sejatinya mirip dengan Copilot versi web atau versi tools browser Edge.

Copilot di WhatsApp juga dapat diminta untuk membuat gambar, parafrase, dan lainnya. Adapun beberapa fitur Copilot WhatsApp adalah sebagai berikut:

Memahami bahasa Indonesia

Copilot WhatsApp dapat memahami berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Jadi, pengguna bisa berinteraksi atau memerintahnya menggunakan bahasa Indonesia.

Menerjemahkan tulisan

Kemudian, Copilot WhatsApp juga dapat diminta buat menerjemahkan tulisan dalam berbagai bahasa, seperti menerjemahkan tulisan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Parafrase

Copilot WhatsApp dapat diminta buat mengolah ulang tulisan dengan gaya berbeda alias parafrase. Pengguna tinggal memasukkan tulisan yang diingin diubah ke Copilot WhatsApp dan chatbot ini bakal melakukan parafrase sesuai perintah.

Memahami gambar

Kemudian, Copilot WhatsApp juga dapat memahami gambar yang dikirim pengguna. Pengguna bisa mengirim gambar ke Copilot di WhatsApp dan chatbot bakal memberikan respons atas gambar tersebut.

Melakukan penghitungan matematis

Fitur Copilot WhatsApp yang menarik berikutnya adalah pengguna bisa memintanya buat melakukan penghitungan matematis. Jadi, pengguna bisa memberikan soal matematika, baik dalam bentuk teks maupun gambar, dan Copilot WhatsApp bakal menghitungnya.

Membuat gambar

Selain itu, salah satu fitur Copilot WhatsApp yang menarik adalah pengguna bisa memintanya untuk membuat gambar. Copilot bisa membuat berbagai jenis gambar berdasar perintah teks yang dimasukkan pengguna.

Itulah beberapa kemampuan atau fitur Copilot WhatsApp yang menarik buat dicoba. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan Copilot WhatsApp. Pengguna bisa memintanya buat melakukan berbagai pengolahan teks.

Baca juga: Cara Menambahkan Copilot di WhatsApp buat Chatting dengan Chatbot AI

Misalnya, pengguna dapat meminta Copilot WhatsApp buat membuat tulisan baru, menanyakan penjelasan atas sesuatu, dan bahkan bisa menemani “curhat”. Copilot WhatsApp bisa diakses oleh semua pengguna.

Dengan berbagai kemampuan yang menarik itu, pengguna mungkin bakal tertarik buat mencoba Copilot di WhatsApp. Lantas, bagaimana cara menggunakan Copilot WhatsApp? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menggunakan Copilot WhatsApp.

Cara menggunakan Copilot WhatsApp

Cara menggunakan Copilot WhatsApp itu sejatinya cukup mudah. Dalam cara menggunakan Copilot WhatsApp ini, setidaknya terdapat dua langkah yang harus dilakukan pengguna. Pertama, pengguna harus menambahkan dulu akun chatbot Copilot di WhatsApp.

Setelah ditambahkan, pengguna baru bisa chatting dengan Copilot di WhatsApp untuk melakukan berbagai hal. Adapun penjelasan mengenai dua langkah dalam cara menggunakan Copilot WhatsApp adalah sebagai berikut:

Menambahkan Copilot di WhatsApp

  • Buka tautan akun Copilot ini.
  • Selanjutnya, pengguna bisa klik opsi “Try Me” atau memindai kode QR untuk menambahkan akun Copilot di daftar obrolan WhatsApp.
  • Setelah klik opsi “Try Me” atau memindai kode QR, akun chatbot Copilot bakal ditambahkan ke daftar obrolan WhatsApp.
  • Jika akun chatbot Copilot telah ditambahkan, pengguna bisa mulai chatting dengannya.

Menggunakan Copilot WhatsApp

  • Setelah tadi ditambahkan, ruang obrolan dengan akun chatbot Copilot bakal terbuka di WhatsApp.
  • Sebelum mulai chatting, pengguna bakal diminta untuk menyetujui ketentuan penggunaan layanan. Berikan izin dengan klik opsi “Accept”.
  • Setelah itu, pengguna mulai bisa chatting dengan Copilot untuk memintanya melakukan berbagai hal. Untuk memerintahkannya, pengguna tinggal kirim prompt ke Copilot di WhatsApp
  • Dalam percobaan kali ini, kami mencoba Copilot WhatsApp dengan memintanya untuk membuat poster AI. Kami membuat poster AI di Copilot WhatsApp dengan prompt atau teks perintah sebagai berikut:
    • Make a 3d animation poster containing a man wearing a turquoise green shirt with a colorful floral pattern. He has short black hair with bangs covering the forehead. He has an oval face. He wears retro style glasses with brown lenses. He has an ideal body. His expression is smiling. The background is a field filled with trees. The POV is taken at half body.
  • Setelah membuat prompt, silakan kirim ke chatbot Copilot layaknya mengirim chat.
  • Terakhir, chatbot Copilot bakal memproses perintah pengguna dan menyajikan hasilnya.

Baca juga: Cara Membuat Poster Disney Pixar via Bing Image Creator yang Viral di Medsos

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment