Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Fakta Keluarga Kamila Asy Syifa, Viral Menikah Muda dengan Gus Zizan

0 3

Beberapa hari ini, dunia maya sedang ramai memperbincangkan selebgram bernama Kamila Asy Syifa yang menikah di usia masih belia. Bahkan, dirinya disebut masih di bawah umur saat menikah, yakni pada usia sekitar 16 atau 17 tahun. Padahal, di Indonesia berdasarkan undang-undang, usia legal seorang perempuan untuk menikah adalah 19 tahun. 

Selebgram yang dipanggil Syifa itu dinikahi oleh seorang cucu kiai sekaligus pendakwah muda yang cukup terkenal di media sosial, Gus Zizan, pada Jumat (4/10/2024) kemarin. Pernikahan mereka sangat menyorot perhatian. Banyak dokter hingga psikolog yang angkat bicara terkait pernikahan muda tersebut. 

Namun, banyak juga yang penasaran dengan sosok Kamila Asy Syifa sendiri. Berikut Popbela rangkum beberapa fakta keluarga Kamila Asy Syifa dari berbagai sumber.

1. Anak perempuan dari pasangan Zulfahmi dan Alia Suryani

Bernama lengkap Farah Kamila Asy Syifa Cut Almi, ia dikenal sebagai selebgram asal Bandung, Jawa Barat. Tak diketahui pasti kapan tanggal lahirnya, namun beberapa sumber menyebutkan kalau Syifa merupakan kelahiran 2007 yang di tahun ini genap berusia 17. Ia merupakan anak dari pasangan Zulfahmi dan Alia Suryani.

2. Merupakan 3 bersaudara perempuan

Syifa adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ia memiliki seorang kakak perempuan bernama Annisa Kayla Nadira yang berbeda 6 tahun darinya. Kayla juga merupakan seorang selebgram seperti Syifa. Selain itu, Syifa memiliki adik perempuan bernama Khalisya Humaira Cut Almi yang masih kecil.

Ketiga bersaudara ini cukup dekat, terutama Syifa dan sang kakak. Keduanya suka berbagi foto kebersamaan di media sosial. Keluarga tersebut juga menyempatkan untuk quality time dengan berlibur bersama.

3. Ibu Syifa seorang pengusaha bisnis fashion

Mengutip dari Instagram-nya, ibu Syifa adalah pendiri atau pengusaha fashion muslim bernama Cover Me. Syifa didapuk sebagai brand ambassador dari usaha fashion milik ibunya. Selain pengusaha, Alia juga seorang content creator yang sudah memiliki lebih dari dua ratus ribu pengikut di Instagram.

4. Ibunya menikah di usia 22 tahun

Keluarga Kamila sepertinya memang terbuka untuk menikah di usia yang masih muda. Berdasarkan penuturan ibu Kamila, Alia, ia mengaku menikah dengan suaminya pada usia 22 tahun.

Menurutnya, usia tidaklah menentukan kesiapan atau kedewasaan seseorang untuk menikah. Bahkan, baginya Syifa lebih dewasa dibanding dirinya dulu saat seumuran dengan Syifa saat ini. 

“Bunda dulu nikah usia 22 tahun. Tapi dibandingin Syifa, lebih dewasaan Syifa sekarang. Seseorang yang chronological age yang sama, belum tentu mental age-nya juga sama. Tergantung pola asuh dan lingkungannya juga,” kata sang ibunda.

5. Kakaknya menikah di usia 16 tahun

Kakak Syifa, Kayla, juga menikah di usia 16 tahun berdasarkan tulisannya di Instagram Story. Suaminya kala itu berusia 20 tahun. Meski menikah di usia yang masih muda, keduanya sudah siap untuk mengarungi bahtera rumah tangga. 

Sempat dituntun dulu dalam kehidupan awal rumah tangga, Kayla mengaku senang akhirnya bisa melewati masa kritis di 5 tahun pertama pernikahan bersama suaminya. Dari pernikahannya, Kayla dikaruniai dua orang anak laki-laki.

6. Syifa pernah dilamar saat usia 15 tahun

Melalui Instagram Story, Kayla mengungkap bahwa adiknya telah dilamar sejak usianya baru 15 tahun. Syifa bahkan pernah dilamar seorang laki-laki anak konglomerat saat usianya 16 tahun, tetapi saat itu keluarga belum mengizinkan untuk menikah.

“Kami tidak pernah merekomendasikan nikah muda pada sembarang orang. Syifa sudah banyak yang lamar dari umur 15 tahun. Syifa di usia 16 tahun sudah diincar oleh anak konglomerat yang mungkin hartanya tujuh turunan yakin nggak akan habis. Tapi, saat itu penilaian kami SYIFA BELUM SIAP,” tulis Kayla Nadira.

7. Kamila menikah dengan Gus Zizan di usia muda juga

Pada Jumat (4/10/2024), Kamila Asy Syifa resmi menjadi istri dari seorang pendakwah muda sekaligus cucu Tuan Guru Mustafa, pendiri Pondok Pesantren Al-Aziziyah, Nashron Azizan atau dikenal dengan Gus Zizan.

Berdasarkan komentar seorang kenalan Gus Zizan di unggahan Instagram-nya, pasangan ini hanya memiliki waktu sebentar untuk kenal satu sama lain sampai akhirnya memilih menikah. Keduanya bahkan tak saling mengenal pada Maret 2024 lalu, namun akhirnya menjadi suami istri pada Oktober 2024 ini.

Namun, yang menjadi sorotan adalah usia kedua selebritas tersebut. Syifa disebut baru berusia sekitar 16 atau 17 tahun saat resmi menjadi istri dari Gus Zizan. Sang pendakwah muda itu juga disebutkan berusia antara 19-21 tahun saat menikah. 

Hal ini langsung memicu pro dan kontra dari para netizen. Tak sedikit yang mengkritik mereka dan keluarganya karena menikahkan anak di bawah umur. Di Indonesia sendiri usia legal menikah adalah 19 tahun. Banyak netizen yang menyayangkan keputusan itu yang bisa membuat anak muda lainnya untuk ikut-ikutan menikah dini, apalagi keduanya adalah influencer.

Itulah fakta keluarga Kamila Asy Syifa yang menikah dengan Gus Zizan di usia muda.

Baca Juga: Profil Kamila Asy Syifa, Selebgram Muda Istri Gus Zizan

Baca Juga: Profil Gus Zizan, Pendakwah Muda yang Inspiratif

Baca Juga: Kronologi Dugaan Skandal Asmara Selebgram Gus Zizan dan Zoe Levana

Leave a comment