Informasi Terpercaya Masa Kini

Microsoft Tambahkan 5 Fitur Baru Berbasis AI ke Windows 11, Ada Click to Do

0 3

TEMPO.CO, JakartaMicrosoft mengumumkan lima inovasi fitur baru berbasis kecerdasan buatan atau articial intelligence (AI) yang akan diintegrasikan ke dalam Windows 11 dan Copilot+ PC. Dalam rilis resminya, fitur-fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman baru sekaligus meningkatkan produktivitas para pengguna.

“Fitur-fitur baru ini akan menambah pengalaman bekerja di PC Anda lebih cepat, lebih sederhana, dan lebih personal,” kata Microsoft dalam keterangan resmi, dikutip Jumat, 4 Oktober 2024.

Salah satu fitur yang dihadirkan adalah Recall. Fitur ini memungkinkan pengguna dengan cepat menemukan informasi yang sebelumnya mereka lihat di PC, dengan tambahan lapisan keamanan untuk perlindungan data pribadi. Recall akan tersedia dalam mode pratinjau pada Oktober untuk PC Copilot+ yang didukung Snapdragon, dan diperluas ke perangkat berbasis Intel dan AMD mulai November.

Microsoft juga meluncurkan Click to Do, fitur yang mempermudah alur kerja dengan menampilkan saran interaktif di atas teks atau gambar. Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan berbagai tugas dengan cepat, seperti pengeditan teks, pencarian gambar, atau pengiriman email.

Peningkatan juga terjadi pada Windows Search di mana pengguna kini dapat mencari file atau foto hanya dengan mendeskripsikan kontennya menggunakan kata-kata sendiri, tanpa perlu mengingat nama file atau pengaturan lokasi.

Fitur Super Resolution serta Generative Fill dan Erase juga menjadi bagian dari inovasi terbaru yang dihadirkan oleh Microsoft untuk Windows 11 dan Copilot+ PC. Yang pertama memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kualitas foto-foto beresolusi rendah menjadi foto yang berkualitas tinggi tanpa khawatir akan terlihat buram atau pixelated.

Sedangkan Generative Fill dan Erase di aplikasi Paint memungkinkan pengguna untuk mengedit gambar dengan lebih mudah dan presisi. Pengguna dapat menghapus elemen yang tidak diinginkan dari gambar atau menambahkan elemen baru hanya dengan menggunakan brush yang dapat disesuaikan.

Microsoft menyebut lima pembaruan itu sebagai bagian dari komitmennya untuk memberdayakan pengguna di tengah transformasi teknologi yang semakin pesat. Fitur-fitur ini diharapkan dapat mempercepat dan menyederhanakan aktivitas sehari-hari pengguna, sekaligus meningkatkan keamanan dan efisiensi kerja di PC.

Pembaruan akan diluncurkan secara bertahap mulai November, dengan lebih banyak fitur yang akan diperkenalkan untuk pengguna Windows 11 dan Copilot+ PC dari berbagai merek seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan Microsoft Surface, dengan silikon dari Qualcomm, Intel, dan AMD.

Pilihan Editor: Undip Buka Program Sarjana Double Degree Bareng Binus, Pertama di Indonesia

Leave a comment