Informasi Terpercaya Masa Kini

Rapim Gabungan Sementara Sepakati Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR 2024-2029

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Rapat Pimpinan (Rapim) Gabungan Sementara Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR RI menyepakati bahwa Ahmad Muzani untuk menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029.

“Beliau akan didampingi oleh delapan para Wakil Ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi partai politik di MPR,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) MPR RI Ahmad Basarah di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2024.

Basarah menjelaskan, rapim gabungan tersebut menyepakati Ahmad Muzani selaku anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Ketua MPR RI secara mufakat.

Meski demikian, dia mengatakan, pimpinan gabungan sementara MPR RI masih menunggu calon Wakil Ketua MPR dari unsur kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

“Dengan demikian, Rapat Paripurna 3 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru yang dipimpin Ahmad Muzani, didampingi 8 Wakil Ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai kelompok dan kelompok DPD,” jelas Basarah, dikutip dari Antara.

Berdasarkan surat undangan Sidang Paripurna Ke-2 yang diterima di Jakarta, agenda penetapan dan pelantikan pimpinan MPR RI dijadwalkan pada hari ini, Kamis, 3 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Sebelum agenda tersebut, MPR RI mengagendakan penyampaian bakal calon pimpinan dari masing-masing fraksi dan kelompok DPD.

Sebelumnya, Ahmad Muzani yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu Muzani enggan berspekulasi lebih jauh terkait kabar pencalonannya sebagai Ketua MPR. Muzani mengatakan, dia tidak bisa terburu-buru merespons kabar tersebut.

Menurutnya, saat ini proses pengusulan calon ketua MPR masih berlangsung dan akan ditetapkan dalam paripurna, Rabu malam, 2 Oktober 2024.

“Saya tidak mau terburu-buru terkait siapa yang akan diusulkan masing-masing fraksi sebagai pimpinan. Semua proses sedang berjalan,” kata Muzani di kompleks gedung DPR, Rabu, 2 Oktober 2024.

Kendati demikian, Muzani menyatakan, ada lobi-lobi oleh partai politik dalam menentukan pimpinan MPR. Namun dia enggan memberikan penjelasan lebih lanjut.

“Hubungan saya dengan teman-teman partai politik bagus sekali, tidak ada hambatan, tidak ada masalah. Termasuk dengan DPD berjalan baik dan lancar,” katanya.

Muzani melanjutkan, pada siang ini MPR akan menggelar sidang paripurna lanjutan dengan agenda pengusulan calon pimpinan MPR oleh masing-masing partai politik.

“Nanti akan diusulkan dan dikonsultasikan. Setelah itu akan dibawa ke rapat paripurna pukul 07.00 malam ini untuk ditetapkan sebagai pimpinan,” katanya.

Diwartakan sebelumnya, sinyal penunjukan Muzani sebagai ketua MPR disampaikan oleh elite Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Dasco mengatakan, Muzani ditugaskan oleh Prabowo Subianto untuk memimpin MPR lima tahun ke depan.

“Penugasan dari Gerindra memang sudah ditetapkan bahwa Pak Ahmad Muzani akan maju sebagai calon ketua MPR,” kata Ketua Harian Gerindra ini, Selasa, 1 Oktober 2024.

Senada dengan Dasco, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan, Ketua MPR 2024-2029 bakal dipimpin Muzani.

“Yang saya tahu berdasarkan undangan yang diterima PDIP, Pak Muzani sebagai Ketua MPR. Karena bagaimana pun presiden terpilih punya ketua MPR itu wajar-wajar saja,” kata dia saat ditemui di kompleks gedung DPR, Selasa, 1 Oktober, 2024.

NANDITO PUTRA | ANTARA

Pilihan Editor: Suami-Istri Jadi Anggota DPR hingga DPRD 2024-2029, Siapa Lagi Selain Ahmad Dhani-Mulan Jameela?

Leave a comment