Informasi Terpercaya Masa Kini

Iran Serang Israel, Ini Kemungkinan yang Akan Terjadi Selanjutnya

0 3

TEHERAN, KOMPAS.com – Iran telah meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, menembakkan rentetan rudal ke negara itu dalam eskalasi terbaru di tengah meningkatnya kekerasan dan ketegangan di kawasan itu selama berminggu-minggu.

Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) mengatakan bahwa mereka menembakkan rudal ke Israel sebagai tanggapan atas serangan Israel yang mematikan terhadap orang-orang di Gaza dan Lebanon, serta pembunuhan para pemimpin tertinggi IRGC, Hamas dan Hizbullah.

Israel dan sekutu utamanya, Amerika Serikat, mengatakan bahwa militer mereka bekerja sama untuk menembak jatuh sebagian besar dari hampir 200 proyektil yang ditembakkan oleh Iran.

Baca juga: Iran Serang Israel, Biden: Jangan Salah, AS Sepenuhnya Dukung Israel

Tentara Israel mengatakan hanya beberapa serangan yang tercatat di bagian tengah dan selatan negara itu sementara dua orang terluka akibat pecahan peluru yang jatuh di daerah Tel Aviv, menurut layanan darurat Israel.

Apa yang terjadi?

Dilansir Al Jazeera, rincian pasti dari operasi Iran masih belum jelas, tetapi IRGC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rudal-rudal tersebut ditujukan pada target militer dan keamanan yang vital di Israel.

IRGC kemudian mengatakan bahwa serangannya ditujukan secara khusus pada tiga pangkalan militer di wilayah Tel Aviv.

Serangan tersebut, yang disertai dengan serangan siber berskala besar, juga menggunakan rudal balistik hipersonik Fatah Iran yang baru untuk pertama kalinya, menurut media pemerintah Iran.

Militer Israel mengatakan bahwa mereka mencegat sejumlah besar dari 180 rudal balistik yang diluncurkan oleh Iran, tetapi ada dampak yang “terisolasi” di Israel tengah dan selatan. IRGC mengatakan bahwa 90 persen proyektil yang ditembakkan mencapai target mereka.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, mengatakan bahwa militer AS berkoordinasi erat dengan rekan-rekannya di Israel untuk menembak jatuh proyektil-proyektil tersebut.

“Kapal perusak angkatan laut AS bergabung dengan unit pertahanan udara Israel untuk menembakkan pencegat untuk menembak jatuh rudal yang datang,” kata Sullivan kepada para wartawan di Gedung Putih.

Sullivan mengatakan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan di Israel.

Baca juga: Serangan Rudal Iran ke Israel Dipatahkan Kapal Perang AS

Apa yang melatarbelakangi serangan?

IRGC mengatakan bahwa serangan pada hari Selasa itu merupakan tanggapan atas pembunuhan Hassan Nasrallah, kepala kelompok Hizbullah Lebanon, dan komandan IRGC Abbas Nilforoushan pekan lalu di Beirut, serta pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada bulan Juli.

Para ahli telah memperingatkan selama setahun terakhir bahwa Timur Tengah berada di ambang perang regional di tengah perang Israel di Jalur Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 41.000 warga Palestina sejak Oktober 2023.

Kelompok Hizbullah Lebanon mulai menembakkan roket ke Israel utara tidak lama setelah perang Gaza dimulai, dengan mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk mendukung warga Palestina di daerah kantong yang terkepung.

Militer Israel telah bertukar tembakan dengan Hizbullah di perbatasan Israel-Lebanon sejak saat itu, menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi di kedua negara.

Selama sebulan terakhir, militer Israel meningkatkan serangannya ke Lebanon, menyerang target-target di ibukota Beirut dan memicu kekhawatiran akan terjadinya perang habis-habisan.

Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa Israel sepenuhnya siap untuk membela dan membalas serangan Iran, dan menekankan bahwa hal itu akan dilakukan pada waktu yang tepat.

Sullivan, penasihat Gedung Putih, mengatakan kepada para wartawan bahwa pemerintahan Biden menegaskan bahwa akan ada konsekuensi berat atas serangan Iran. dan AS akan bekerja sama dengan Israel untuk membalasnya.

Baca juga: Iran Serang Israel, Rudal Hipersonik Fattah-1 Tembus Pertahanan Iron Dome

Iran telah memperingatkan Israel agar tidak menanggapi serangannya, dan mengancam akan meluncurkan rudal lebih lanjut ke negara itu jika Israel membalas.

Leave a comment