Informasi Terpercaya Masa Kini

Mayjen TNI Zamroni Sentil Sosok Joni saat Membuka Pendidikan Bintara, Patriotik

0 3

bali.jpnn.com, TABANAN – Yohanes Ande Kalla alias Joni yang viral memanjat tiang bendera saat upacara HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di Provinsi NTT pada 2018 silam akhirnya mengikuti Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD TA 2024, yang digelar di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Tabanan, Bali, Jumat (27/9).

Joni bersama 218 orang rekan lainnya akan mengikuti Pendidikan Bintara PK TNI AD TA. 2024 yang akan berlangsung mulai Jumat hari ini (27/8) hingga lima bulan ke depan.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni seusai upacara pembukaan program studi Dikmaba TNI AD menyentil sosok Joni kepada awak media.

“Ya betul, jadi, Joni kemarin saat seleksi digabungkan dengan seleksi Bintara Keahlian di Bandung.

Bayangkan anak muda kita ini, tinggal di daerah pelosok, belum pernah mendapat pelatihan bela negara, tetapi dengan spontanitasnya dia tidak rela bendera Merah Putih tidak berkibar.

Saat putus tali, dia dengan spontan langsung panjat tiang bendera tanpa instruksi,” ujar Mayjen TNI Zamroni dilansir dari laman Kodam Udayana.

Menurut Pangdam, di dalam jiwa Joni Kalla sudah tumbuh semangat patriotisme dan nasionalisme. “

“Potensi yang muncul dalam dirinya dapat disalurkan saat menjadi TNI sesuai cita-citanya.

Harapannya ini dapat mengispirasi jiwa patriotisme dan nasionalismenya kepada generasi muda lannya,” kata Mayjen TNI Muhammad Zamroni.

Para Bintara Siswa ini akan dididik selama 15 minggu untuk membentuk mental kejuangan dan keterampilan, menjadi patriot dan benteng NKRI.

Pangdam berpesan agar ikuti pendidikan dengan penuh semangat, sehingga saat pelantikan nanti sudah memiliki pengetahuan, keterampilan dan mental kejuangan yang tangguh.

“Prajurit itu rela mati untuk bangsa dan negara, apakah kalian rela mati untuk bangsa dan negara? Apakah kalian siap untuk mengorbankan jiwa dan ragamu?

Apakah kalian siap ditempatkan di mana saja di seluruh penjuru tanah air?

Saya catat dan kita semua ingat janji kalian ini. Janji itu tanamkan ke dalam diri kalian,” ujar Mayjen TNI Zamroni saat membuka pendidikan Bintara.

Pangdam Udayana menekankan agar para Bintara Siswa dapat segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi di lembaga pendidikan.

“Laksanakan setiap kegiatan dengan penuh keseriusan, disiplin, dan loyalitas yang tinggi.

Manfaatkan waktu untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan, agar siap menghadapi tantangan tugas yang ke depan akan semakin kompleks,” imbuhnya. (lia/JPNN)

Leave a comment