Informasi Terpercaya Masa Kini

Hasil Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2024 – Marc Marquez Crash, Pecco Bagnaia Pole Position Saat Ducati GP24 Dominan

0 3

BOLASPORT.COM – Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia meraih pole position pada hasil kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2024.

Bagnaia sukses kembali menunjukkan tajinya setelah menguasai sesi kualifikasi Q2 yang digelar di Sirkuit Misano, Rimini, Italia, pada Sabtu (21/9/2024).

Murid Valentino Rossi itu berhasil mencatatkan waktu lap tercepat dengan 1 menit 30,031 detik sekaligus mengamankan posisi start terdepan.

Ini adalah pole position kedua beruntun yang diraih Bagnaia di Sirkuit Misano, setelah seri GP San Marino dua pekan lalu.

Posisi barisan terdepan dikuasai para penunggang Desmosedici GP24.

Jorge Martin (Prima Pramac) dan Enea Bastianini (Ducati Lenovo) melengkapi tiga besar.

Sedangkan nasib kurang beruntung dialami Marc Marquez (Gresini) yang sempat mengalami crash di tikungan 3. Dia sudah berusaha memperbaiki catatan waktu lap, tetapi masih belum cukup untuk mengejar trio terdepan.

Marquez finis di posisi ketujuh.

Baca Juga: Untung Diselamatkan Marquez Bersaudara, Murid Rossi Ungkap Momen Lupa Ingatan 2 Minggu karena Insiden yang Ancam Nyawanya

Sesi Kualifikasi Q1 dibuka dengan battle antara dua calon pembalap Pramac Yamaha, Miguel Oliveira (Trackhouse Aprilia) dan Jack Miller (Red Bull KTM).

Kejutan di awal sesi sempat dibuat oleh pembalap Repsol Honda, Joan Mir yang melaju kencang dengan merebut spot kedua sesi Q2. Oliveira dan Mir bersaing ketat memperebutkan spot 1-2.

Sementara Alex Marquez (Gresini) mengalami lowside ketika melewati tikungan 1. Yellow Flag dikibarkan untuk sektor 1 Sirkuit Misano.

Pun dengan Augusto Fernandez, apes terjatuh di tikungan 3. Hingga sesi Q1 berakhir, Binder dan Oliveira berhasil lolos Q2 setelah pastikan diri menghuni peringkat 1-2.

Tapi nasib yang lebih apes dialami Alex Marquez yang tak sempat memperbaiki catatan waktu lapnya hingga harus puas dengan posisi ke-21 yang akan jadi posisi startnya.

Memasuki sesi Q2, semua pembalap langsung memulai run pertama mereka termasuk Marc Marquez, Pecco Bagnaia, dan Fabio Quartararo.

Salah satu highlight sesi kualifikasi ini tertuju pada Quartararo yang baru saja tampil brilian di sesi FP2. Top speed El Diablo juga makin kencang mencapai 294 km/jam, dibanding seri-seri sebelumnya dia mentok di angka 291 km/jam.

Quartararo kembali jadi satu-satunya harapan Yamaha di sesi kualifikasi ini karena Alex Rins absen dan tidak ikut. Dia masih sakit demam.

Jorge Martin menjadi pembalap yang langsung mendobrak dengan 1 menit 30,904 detik. Tetapi tak lama kemudian, catatan waktu itu digusur Pecco Bagnaia dengan 1 menit 30,879 detik.

Pedro Acosta juga ikut meramaikan persaingan teratas.

Marc Marquez mengalami kecelakaan di tikungan 3, membuat kesalahan pada sesi Q2 lagi seperti seri San Marino sebelumnya. Martin, Bagnaia, Acosta dan Marquez menghuni peringkat 1-4.

Quartararo masih tertahan di posisi ketujuh, tertinggal 0,8 detik dari Martin yang tercepat.

Persaingan perebutan pole position mengerucut pada Martin dan Bagnaia yang tampil menjanjikan. Bagnaia menguasai sektor terakhir dan berhasil mencatatkan 1 menit 30,031 detik sampai tak ada rival yang mampu menggusurnya.

Martin sempat nyaris memperbaiki catatan waktu lapnya pada last flying lap, tetapi dia terganggu rekannya sendiri, Franco Morbidelli. Meski harus puas di tempat kedua, ini menjadi front row pertama Martin setelah di beberapa seri sebelumnya selalu tercecer di luar tiga besar.

HASIL KUALIFIKASI MOTOGP EMILIA ROMAGNA 2024:

1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo): 1 menit 30,031 detik

2. Jorge Martin (Prima Pramac): +0,214 detik

3. Enea Bastianini (Ducati Lenovo): 0,533

4. Brad Binder (Red Bull KTM): 0,605

5. Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3): +0,700

6. Marco Bezzecchi (VR46): +0,806

7. Marc Marquez (Gresini): +0,849

8. Maverick Vinales (Aprilia): +0,878

9. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha): +0,890

10. Franco Morbidelli (Prima Pramac): +0,901

13. Fabio Di Giannantonio (VR46):

14. Raul Fernandez (Trackhouse Aprilia):

15. Luca Marini (Repsol Honda)

16. Joan Mir (Repsol Honda)

17. Johann Zarco (LCR Honda Castrol)

18. Augusto Fernandez (Red Bull GASGAS Tech3)

19. Jack Miller (Red Bull KTM)

20. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)

21. Alex Marquez (Gresini)

22. Alex Rins (Monster Energy Yamaha): DNS

*ket; Alex Rins absen di sesi kualifikasi akibat demam

Baca Juga: MotoGP Emilia Romagna 2024 – Sinyal Buruk Tim Valentino Rossi, Dua Pembalap Menderita dan Sempat Kesulitan

Leave a comment