Informasi Terpercaya Masa Kini

Kata Media-media Asia Tenggara Soal Hasil Indonesia Vs Australia

0 5

KOMPAS.com – Keberhasilan Timnas Indonesia menahan imbang Australia 0-0 pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (10/9/2024) mendapat perhatian dari media-media negara tetangga di region Asia Tenggara.

Hasil Indonesia vs Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Skuad Garuda menunjukkan kegigihan tinggi untuk menahan imbang tim yang lolos ke lima Piala Dunia beruntun sebelum ini dan menembus babak 16 besar pada Piala Dunia terakhir.

Media asal Vietnam, Thanh Nien, pun salah satu yang menyoroti hasil tersebut.

“Dalam kontras tinggi dari kekalahan 0-4 Indonesia kontra Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023, tim kali ini menunjukkan sisi yang sama sekali berbeda,” tulis mereka.

“Pasukan Shin penuh percaya diri dan fokus, unjuk gigi dalam gaya bermain mereka.”

Baca juga: Kata-kata Maarten Paes soal Debut di GBK, Merinding!

“Dengan skuad berisi 9 pemain naturalisasi, tim negara kepulauan ini menunjukkan kemajuan tak disangka dalam menghadapi tim yang lolos berkali-kali ke Piala Dunia seperti Australia.”

“Meski banyak diserang, lini depan tim Indonesia selalu tajam, dan mereka juga beberapa kali membuat gawang Australia goyah. “

Sementara, media olahraga Vietnam satu lagi, The Thao 24/7 juga menyampaikan pujian kepada tim STY.

“Tim nasional Indonesia kembali membuat goncangan saat menahan imbang Australia di kandang sendiri pada Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026,” tulis mereka.

“Didukung oleh hampir 80.000 pendukung tuan rumah di Stadion Gelora Bung Karno, tim Indonesia memasuki laga dengan penuh percaya diri, bermain seimbang dengan Australia.”

“Pelatih Shin Tae-yong tetap menggunakan 9/11 pemain naturalisasi dalam susunan pemain inti, membantu tim dari nusantara ini untuk tidak mengalami kesulitan dalam hal fisik atau kecepatan.”

Sementara, Berita Harian dari Malaysia mengingatkan bahwa Garuda belum kalah di putaran ketiga Kualifikasi ini.

“Indonesia mempertahankan rekor tak terkalahkan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah menahan imbang tim peringkat ke-24 dunia, Australia 0-0 pada laga di Stadion Gelora Bung Karno, tadi malam.”

“Ini membuat skuad Garuda mengoleksi poin kedua mereka di Grup C setelah mendapatkan poin pertama menyusul keberhasilan menahan imbang Arab Saudi 1-1 di laga tandang, Jumat lalu.”

Baca juga: Indonesia Vs Australia, Makna 2 Poin untuk Shin Tae-yong

Keberhasilan Garuda mempertahankan koleksi poin di putaran ketiga kualifikasi ini juga dicatat oleh situs olahraga Thailand, Thai Rath.

Namun, yang menarik adalah artikel berita mereka setelah Garuda menahan imbagn Arab Saudi 1-1 di Jeddah pada laga pertama.

Setelah laga itu, situs Thai Rath menulis di judul “Apakah Indonesia sekarang tim nomor 1 di ASEAN? Setelah menahan imbang Arab Saudi, mereka kini punya kans menjadi kuda hitam ke Piala Dunia.”

“Banyak fans Indonesia yang melihat hal tersebut,” lanjutnya.

“Selain timnas yang terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir, Asia kini punya jatah 8,5 tim (termasuk playoff antarkonfederasi).”

“Ini baru pertandingan pertama, dan dengan tim-tim seperti Jepang, Bahrain, Australia, Cina, dan Arab Saudi dalam grup, mereka semua adalah pesaing yang lebih unggul.”

“Namun, dengan gaya manajemen tim yang baik dari Shin Tae-yong, dan kekuatan tim yang luar biasa, jika mereka dapat bermain seperti pada laga pertama tadi, dan memiliki dewi keberuntungan di pihak mereka, ada kemungkinan bahwa mereka akan membuat sejarah dengan pergi ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.”

“Hal ini juga memungkinkan mereka menghapus ejekan bahwa Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia, namun sebagai Hindia Belanda.”

Leave a comment