Informasi Terpercaya Masa Kini

Leon Marchand Sabet 4 Emas Olimpiade 2024, Dibandingkan dengan Phelps

0 24

KOMPAS.com – Atlet renang asal Perancis, Leon Marchand, menjadi salah satu primadona dalam ajang Olimpiade Paris 2024 hingga dibandingkan dengan Michael Phelps.

Perenang tuan rumah ini berhasil menorehkan empat medali emas di Olimpiade Paris 2024. 

Marchand yang masih berusia 22 tahun menyabet emas di nomor individu 400m gaya ganti (29/7/2024), 200m gaya dada (1/8/2024), 200m gaya kupu-kupu (1/8), dan 200m gaya ganti (3/8).

Aksi impresif Marchand di Paris La Defense Arena juga diwarnai dengan pemecahan rekor. Ia mencatat waktu 1 menit plus 54,06 detik kala meraih emas di nomor 200 meter gaya ganti, mengusangkan rekor Olimpiade milik Michael Phelps pada 2008 (1 menit, 54,23 detik)

Prestasi yang dipecahkan oleh Marchand, memicu kekaguman dari beberapa nama pesohor seperti pesepak bola Antoine Griezmann, Presiden Perancis Emmanuel Macron, hingga sang legenda renang, Phelps.

Baca juga: Hasil Sepak Bola Olimpiade Paris 2024, Perancis Pulangkan Argentina

Michael Phelps adalah nama legendaris di dunia renang. Sebab, perenang Amerika Serikat itu merupakan peraih medali terbanyak di sepanjang sejarah Olimpiade.

ia mengoleksi 28 medali, dengan rincian 23 emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

Phelps pun turut muncul dalam pembicaraan usai Marchand panen medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Marchand pun dijuluki sebagai “The French Phelps” alias Phelps dari Perancis. 

Sejatinya, memang ada benang merah yang menghubungkan Marchand dan Phelps. Mereka berdua sama-sama dilatih oleh Bob Bowman.

“Dia (Phelps) mengirimi saya beberapa pesan setelah 400 IM (gaya ganti). Dia sangat terkesan dan dia sangat bahagia untuk saya,” kata Marchand dikutip dari situs Olimpiade.

“Dan kemudian saya melihat video dia mengomentari lomba saya, melompat-lompat dan berteriak-teriak. Saya pikir itu sangat lucu dan saya sangat menghargai orang ini,” tutur Marchand.

Baca juga: Hari Sempurna Huang Yaqiong di Olimpiade Paris: Menyabet Emas, Dilamar Pacar

Atlet kelahiran Toulouse ini tidak mempersoalkan, apabila dirinya dibandingkan dengan Phelps. Bagi Marchand, dibandingkan dengan Phelps merupakan kebanggaan.

“Michael adalah seorang legenda renang. Saya selalu merasa bangga ketika seseorang membandingkan saya dengan MP,” katanya.

Kendati demikian, Bob Bowman mengatakan perjalanan yang ditempuh Marchand masih panjang. 

Bowman menilai Marchand memiliki potensi untuk memecahkan rekor dunia.

“Masih banyak hal yang bisa ia tingkatkan. Ia masih perlu memecahkan rekor dunia di nomor 200 IM. Itu adalah sebuah tujuan. Itu adalah hal yang bagus, sebenarnya. Sekarang dia memiliki tujuan untuk membuatnya tetap termotivasi,” kata Bowman.

“Ia memiliki potensi yang jauh lebih besar dan kami akan terus bekerja di ajang lain, meningkatkan hal-hal yang tidak ia lakukan dengan baik di sini. Ada banyak hal yang bisa ia tingkatkan,” tutur pelatih Marchand dan eks mentor Phelps tersebut.

Leave a comment