Informasi Terpercaya Masa Kini

Hasil Piala Presiden 2024: Arema FC ke Final Usai Kalahkan Persis Solo 2-0, Charles Lokolingoy Cetak Brace

0 4

TEMPO.CO, JakartaArema FC melangkah ke babak final Piala Presiden 2024. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu, 31 Juli 2024, tim berjuluk Singo Edan tersebut menang dengan skor 2-0 berkat dua gol Charles Lokolingoy.

Lokolingoy, pemain asal Australia, mencetak gol pada menit ke-59 dan menit ke-82. Kemenangan membuat Arema FC menantang Borneo FC pada babak final yang berlangsung pada Minggu, 4 Agustus 2024.

Jalannya Pertandingan

Persis Solo tampil dengan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan trio lini serang Ramadhan Sananta, Karim Rossi, dan Moussa Sidibe. Ketiganya mendapatkan dukungan dari tiga gelandang Sho Yamamoto, Sutanto Tan, dan Facundo Andrada.

Arema juga tampil dengan formasi serupa. Tim berjuluk Singo Edan ini turun dengan trio lini serang Salim Tuharea, Dalberto, Charles Lokolingoy. Willian Marcilio, Julian Guevara, Arkhan Fikri menjadi andalan untuk duel di lini tengah.

Statistik babak pertama menunjukkan dominasi Persis Solo dalam penguasaan bola. Laskar Sambernyawa menguasai 57 persen bola, sedangkan Arema FC hanya 43 persen. Persis Solo juga unggul dalam urusan mencetak peluang. Mereka mencetak empat peluang, tetapi tak ada yang mengarah ke gawang. Adapun Arema FC memiliki tiga peluang, dua peluang di antaranya tepat ke arah gawang.

Pada menit ke-23, Sananta sempat mencetak gol setelah menerima umpan terobosan Sidibe. Namun, gol itu dianulir karena penyerang nomor sembilan itu dianggap offside. Pada menit ke-25, Sidibe kembali membuat tusukan di sisi sayap dan memberikan umpan silang mendatar ke kotak penalti. Sananta menerima umpan tersebut, tetapi tendangannya masih melambung tinggi di atas gawang, Frigeri.

Pada menit ke-27, Arema FC memiliki peluang lewat Thales Lira yang memanfaatkan skema tendangan sudut dari Ahmad Alfarizie. Namun, sundulannya lemah dan mampu ditangkap kiper Muhammad Riyandi. Tak banyak peluang tercipta sampai babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Pelatih Persis Solo, Milomir Seslija, membuat perubahan setelah jeda. Ia memasukan Althaf Alrizie untuk menggantikan Karim Rossi. Sayangnya perubahan ini tak membuat serangan Laskar Sambernyawa hidup. Persis Solo justru kesulitan menembus pertahanan rapat Arema FC.

Arema FC berhasil membuat keunggulan pada menit ke-59. Berawal dari bola backpass Gonzalo Andrada, Riyandi melakukan kesalahan. Charles Lokolingoy berhasil merebut bola dan memasukkan bola ke gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Arema FC.

Persis Solo meningkatkan intensitas serangan untuk mencari gol penyeimbang. Alih-alih mencetak peluang, Persis kembali lengah. Arema FC punya peluang lewat Lokolingoy lewat serangan balik. Setelah melewati penjagaan pemain bertahan, ia melepaskan tendangan yang masih melebar.

Dua menit berselang, Dalberto menendang bola dari luar kotak penalti. Namun, bola berhasil ditepis Riyandi. Pada menit ke-71, Arema FC menggandakan keunggulan lewat Dalberto setelah memanfaatkan tendangan bebas dari Wilian Marcilio. Sayangnya, gol tersebut dianulir setelah wasit meninjau Video Assistant Referee.

Persis Solo gagal membangun momentum. Arema FC, melalui skema serangan balik, justru kembali mencetak gol. Berawal dari gerakan Salim Akbar yang merebut bola, ia berhasil melepaskan umpan ke Dalberto. Melihat Lokolingoy tak terkawal, Dalberto melepaskan umpan mendatar. Lokolingloy berhasil melepaskan tendangan yang tak mampu dibendung Riyandi. Skor 2-0

Persis Solo mendapatkan peluang lewat Giovanni Numberi pada menit ke-88. Tusukan di sisi kiri pertahanan Arema FC, diakhiri tendangan keras ke arah gawang Arema FC. Namun, tendangannya melambung tipis di atas gawang Frigeri.

Persis Solo menguasai bola pada akhir pertandingan. Namun, mereka kesulitan menembus pertahanan disiplin Arema FC. Hingga 12 menit masa injury time, tak ada peluang tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan Singo Edan bertahan hingga pluit panjang berbunyi.

Susunan Pemain Pertama

Persis Solo: Muhammad Riyandi; Giovani Numberi, Eduard Kunde, Ricardo Lima, Eky Taufik; Facundo Aranda, Sho Yamamoto, Sutanto Tan, Moussa Sidibe; Karim Rossi, Ramadhan Sananta.

Arema FC: Lucas Frigeri; Ahmad Alfarizie, Thales Lira, Choi Bo-kyung, Achmad Syarif; Willian Marcilio, Julian Guevara, Arkhan Fikri; Salim Tuharea, Dalberto, Charles Lokolingoy.

Pilihan Editor: Riccardo Calafiori Resmi Merapat ke Arsenal, Langsung Masuk Daftar Pemain Termahal Asal Italia

Leave a comment