Informasi Terpercaya Masa Kini

Bilah Terakhir Garuda Raksasa Dipasang, Pembangunan Kantor Presiden di IKN Rampung

0 5

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi atau topping off Garuda raksasa pada Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah rampung pada Minggu (21/7/2024) malam.

Dikutip dari Instagram resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Senin (22/7/2024), penyelesaian pemasangan bilah dituntaskan dengan pemasangan bilah ke-4.650 pada Sayap Barat Selubung Garuda.

Sebelumnya pemasangan bilah perdana dilakukan pada 17 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Semen Indonesia Hadirkan Produk Bata Interlock yang Tahan Gempa, Digunakan di IKN

Adapun pemasangan bilah terakhir turut disaksikan oleh Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono dan Nyoman Nuarta, perupa yang merancang dan membuat bilah-bilah tembaga pembentuk Sayap Garuda.

“Alhamdulillah malam ini kita akan melakukan melihat pelaksanaan, pemasangan bilah ke-4.650 yang menandai selesainya pembangunan Garuda kita ini,” kata Menteri Basuki dikutip dari laman Instagram @kemenpupr, Senin.

Pemasangan bilah terakhir Garuda raksasa ini juga merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Sebagai informasi, Garuda raksasa dirancang dengan bentangan sayap sepanjang 177 meter dan tinggi 77 meter.

Baca juga: Pembangunan Bandara VVIP IKN Terkendala Hujan, Menhub: Kami Usahakan Sesuai Rencana

Bilah sayap tersebut terbuat dari kuningan dan baja anti korosi produksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, yang sangat berat dan perlu diangkut dengan cara yang tepat.

Patung garuda IKN dibangun dengan 4.650 bilah selubung, dengan satu selubungnya memiliki berat sekitar 0,3 ton. Patung garuda IKN memiliki bobot total 1.395 ton.

Saat ini bilah-bilah yang menyelubungi Istana Presiden tersebut telah terpasang seluruhnya, membentuk kepak sayap burung garuda yang siap menyongsong visi Indonesia Emas 2045.

Leave a comment